Kopi Robusta Dampit Khas Malang

Kopi merupakan salah satu komoditi dagang dari sektor perkebunan yang menjadi penghasil devisa bagi Indonesia. Kopi memang menjadi komoditas perdagangan global dengan nilai jual yang tinggi. Bagaimana tidak, hal tersebut dikarenakan kopi yang memiliki berbagai jenis dan varietas merupakan minuman yang cukup popular dan digemari di seluruh dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam jenis kopi yang mampu bersaing dengan kopi dari negara lain. Kopi asal Indonesia memiliki kekhasan pada aroma dan juga citarasa yang tiap daerahnya berbeda. Keragaman citarasa dan kekhasan kopi yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu daya tarik bagi pecinta kopi sehingga kopi asal Indonesia sangat di laku keras di pasar Internasional.

Berdasarkan International Coffe Organization, Indonesia menempati urutan ke 4 sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia, dengan hasil produksi per tahunnya mencapai 622 ribu metrikk ton. Angka produksi tersebut disumbang dari jenis kopi dari Indonesia yang berhasil di ekspor, jenis kopi-kopi tersebut diantaranya kopi Aveh gayo, kopi Sumatera Mandheling, Kopi Wamena, Kopi Kintamani, Flores Bajwa, java Preanger, kopi Idjen raung, Kopi Robusta Dampit Malang.

Kopi Robusta Dampit Asal Malang

Kopi dampit Malang merupakan kopi berjenis robusta. Dimana kopi yang dikenal dengan Coffe canephora ini memiliki karakteristik jenis pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 12 meter. Dibandingkan kopi jenis arabika, kopi robusta memang lebih tahan terhadap cuaca dan hama penyakit. Disisi lain kopi robusta ini pemeliharaannya terbilang mudah. Apalagi dengan hasil panen yang lebih banyak, tentunya menjadi kelebihan tersendiri bagi kopi robusta. Kopi jenis robusta ini masuk ke Indonesia begitu pula di malang ketika usaha Belanda menanam kopi arabika mengalami kegagalan akibat penyakit Karat daun.

Kopi Robusta Dampit tentunya sudah sangat populer di lidah pecinta kopi. Salah satu kopi robusta unggulan dari Indonesia ini memang di budidayakan di Malang. Kabupaten Malang merupakan kawasan dataran tinggi. Disekelilingnya terdapat beberapa gunung, sebut saja gunung Semeru, gunung Bromo, Gunung Kawi, dan Gunung Arjuno, sehingga suhu rata-rata 20 hingga 26 derajat celcius. Dengan kondisi geografis seperti itu tentunya menjadikan Kabupaten Malang merupakan wilayah yang cocok di jadikan perkebunan kopi. Wilayah yang dimaksud tersebut di kabupaten Malang adalah kecamatan Dampit. Untuk mencapai kecamatan Dampit dapat ditempuh dengan perjalanan ke tenggara sekitar 36 km dari kota Malang. Perkebunan Kopi Robusta Dampit ini terletak di kaki Gunung Semeru yang termasuk sebagai kawasan dataran tinggi Tengger. Dengan ketinggian 900 meter dpl merupakan salah satu syarat penanaman kopi yang unggulan.

Perkebunan Kopi Robusta Dampit di Malang memiliki luas lahan mencapai 17.849 hektar yang terdiri dari 4 lokasi perkebunan yaitu di Ampelgading, Dampit, Tirtoyudo, dan Sumbermanjing. Di kawasan perkebunan kopi tersebut memang dikembangkan 2 jenis kopi yang paling banyak di minati. Yang pertama adalah jenis kopi arabika dengan luas perkebunan mencapai 1.028 hektar dan untuk perkebunan Kopi Robusta Dampit mencapai 17.849 hektar. Lahan yang saat ini masih terus berproduksi biji kopi terbaik merupakan lahan kopi yang telah ada dari zaman penjajahan Belanda.

Cara pengolahan dan citarasa Kopi Robusta Dampit

Untuk mendapatkan citarasa dan aroma Kopi Robusta Dampit yang maksimal tentunya diperlukan proses panen dan pasca panen yang tepat. Dimana untuk Kopi Robusta Dampit ini diproses dengan merode kering atau disebut juga sebagai dry process. Proses ini dilakukan ketika buah kopi yang merah telah dipetik dan terkumpul. Selanjutnya buah kopi tersebut di sebar dan disebur pada lantai ataupun dengan alas di bawah sinar matahari. Hal tersebut dilakukan untuk mengerikan juice yang ada di dalam buah kopi. Proses pengeringan tersebut membutuhkan waktu yang berbeda tergantung jenis kopi dan tingkat air yang dimilikinya.setelah tahap penjemuran, dilakukan proses pemecahan kulit tanduk kopi dengan xara ditumbuk. Selain menggunakan cara manual bisa memanfaatkan mesin tumbuk atau yang disebut Hulling machine. Setelah tahap itu akan didapatkan kopi hijau atau green bean yang siap dijual atau disangrai terlebih dahulu.

Semua tahap budidaya dan pengolahan Kopi Robusta Dampit ini menggunakan proses yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Sehingga menghasilkan kualitas kopi Kopi Robusta Dampit yang memenuhi standar sepciality kopi dan kopi yang di ekspor. Pemilihan kopi yang telah merah gelap menjadikan Kopi Robusta Dampit memiliki citarasa yang khas. Aroma Kopi Robusta Dampit tersebut bisa langsung tercium walaupun masih dalam tahap disangrai. Tidak hanya itu pada saat proses penggilingan pun aroma yang kuat dan memiliki ciri khas tersendiri langsung tercium. Aroma yang dimiliki Kopi Robusta Dampit ini adalah aroma karamel yang lembut. Saat diseduh, kekentalan Kopi Robusta Dampit ini terbilang pas dan sedang dengan tingkat acidity yang cukup rendah. Disisi lain sensasi gurih juga akan terasa di lidah saat diminum. Disisi lain terdapat pendapat yang mengatakan kopi Robusta Dampit yang berkelas ini memiliki karakter yang kiat, woody, dan tidak memiliki cacar rasa. Sedangkan Robusta Dampit ini juga memiliki profil yang di cirikan sebagai bodi biji kopi yang tebal,dengan aroma kacang, coklat, karamel dan long after taste.

Prestasi Kopi Robusta Dampit

Dengan memiliki aroma dan citarasa yang unggulan serta memiliki kekhasan tersendiri, tentunya menjadikan Kopi Robusta Dampit ini memiliki sejumlah prestasi yang penghargaan. Salah satunya adalah pada acara Malang Coffe festival dimana Kopi Robusta Dampit ini diakui oleh Maestro Kopi Indonesia yang memiliki kenikmatan tersendiri. Tidak hanya itu terdapat pengakuan dunia dari Asosiasi kopi Dunia yang memiliki kantor pusat di Bonn Jerman, atas kopi Indonesia yang ditunjukkan dengan sertifikat 4C (Common Code for the Coffe Community). Dengan diakuinya Kopi Robusta Dampit sebagai kopi yang berpotensial tinggi untuk laku keras, pihak kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang berencana untuk memperluas lahan perkebunan kopi di kabupaten malang hingga mencapai 27 hektar. Dengan perluasan lahan perkebunan Kopi Robusta Dampit tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah produktivitas kopi asal Dampit Malang.

Pemasaran Kopi Robusta Dampit

Kopi Robusta Dampit merupakan kopi yang bermutu serta diakui dunia, dengan demikian tidak heran jika Kopi Robusta Dampit tidak hanya di jual di pasar lokal saja. Melainkan dijual pada PT Asal Jaya sebuah eksportir yang menjual kopi di pasar internasional. Setiap tahunnya produksi Kopi Robusta Dampit mencapai 55.000 ton yang siap di jual di beberapa negara di Eropa dan Asia. Selain itu Kopi Robusta Dampit juga banyak di minati oleh cafe atau kedai kopi Modern di tanah air di beberapa kota besar di Indonesia, sebut saja di Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Makasar dan masih banyak lagi. Mengingat saat ini kebiasaan kopi dengan gaya kelas modern memang banyak diminati berbagai kalangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *