Kopi Robusta Sidikalang Salah Satu Kopi Terbaik Di Sumatera

Berbicara mengenai kopi Sumatera, tentu kalian akan menyebutkan banyak jenis kopi yang ada di Sumatera karena pulau tersebut memang sangat terkenal dengan kualitas kopinya yang nomor satu. Berbagai kopi terbaik bisa ditemukan disini termasuk didalamnya adalah Kopi Robusta Sidikalang. Seperti Kopi sumatera lainnya, kopi ini memiliki cita rasa yang khas yang tentunya akan membuat lidah anda tergiur akan rasanya. Sebelum meminum, mencium aromanya saja akan membuat anda ingin cepat-cepat meminum kopi tersebut. Kopi ini mungkin akan sedikit berbeda dengan kopi dari Sumatera lainnya karena baunya tidak terlalu tajam sehingga cocok sekali untuk anda yang menyukai kopi dengan cita rasa sedang.

Seperti pada kopi robusta lainnya, kopi ini juga memiliki ciri-ciri yang sama sehingga kopi yang berasal dari Sidikalang ini pun mampu menguasai 30 persen pasar dunia. Pada kopi ini, anda akan mendapatkan beberapa kriteria rasa yang mirip dengan robusta lainnya seperti cita rasa yang lebih seperti cokelat, bau yang dihasilkan cukup khas dan memiliki cita rasa yang manis, warnanya juga cukup variasi tergantung pengolahan, dan teksturnya lebih kasar dibanding dengan tekstur arabika. Dengan ciri-ciri tersebut, kopi ini sangat baik untuk anda yang menyukai kopi dengan aroma yang sedang.

Karakteristik Kopi Sidikalang yang waijb kamu ketahui

Untuk mengetahui betul bagaimana Kopi Robusta dari Sidikalang, ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri dan karakteristik kopi ini sehingga anda tidak salah pilih saat ingin mencicipi kopi ini. Ciri pertama yang bisa anda ketahui adalah kopi ini memiliki aroma nutty atau kacang-kacangan. Selain itu, aroma chocolate juga bisa anda jumpai di kopi ini sehingga anda akan merasa lebih mencium bau manis dibandingkan wangi kopi tajam. Jika salah semua aroma ini tercampur dan bisa didefinisikan dengan jelas maka kopi tersebut masuk kedalam grade A. Karena masuk ke grade A, maka rasanya pun akan terasa lebih enak dibandingkan grade lainnya.

Selain itu, ciri lain yang bisa anda jumpa pada Kopi Robusta Sidikalang adalah memiliki karakter rasa delicate atau halus dan mild atau ringan. Dengan karakter ini, bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung, minum kopi ini bisa menjadi solusi karena tidak terlalu kuat aroma kopinya. Selain tidak terlalu kuat aroma kopinya, kopi ini juga termasuk long after taste yang artinya bisa bertahan lama dimulut anda saat meminum kopi ini. Tingkat keasamannya pun cukup rendah yang tentunya bagus bagi penderita maag dan memiliki chocolate bitter yaitu rasa pahit yang cukup nikmat seperti pahit coklat.

Perbedaan Kopi Robusta Sidikalang dengan kopi khas Mandailing

Banyak orang yang mengatakan bahwa kopi Sidikalang ini sama dengan kopi Mandailing. Meskipun sama-sama berasal dari Sumatera, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika anda benar-benar teliti tentang kedua kopi tersebut. Banyak orang yang mengatakan sama karena keduanya memang memiliki cita rasa yang sama-sama enak. Namun, bagi pecinta kopi tentu keduanya memiliki perbedaan yang bisa diketahui melalui dengan cita rasanya yang cukup khas. Hal itu dikarenakan setiap kopi memiliki cita rasa dan wanginya yang berbeda-beda. Dengan begitu, keduanya pun cukup berbeda jika anda benar-benar jeli saat meminumnya.

Keunikan dari Kopi Robusta Sidikalang dibandingkan dengan kopi lainnya

Jika kita membandingkan Kopi Robusta Sidikalang dengan kopi lainnya, maka anda akan menemukan beberapa ciri khas atau keunikan dari kopi ini. Keunikan-keunikan ini membuat kopi ini menjadi salah satu kopi nomor satu di Sumatera, khususnya di Sumatera Utara. Baik pada robusta maupun Arabika, kopi yang berasal dari Sidikalang ini menjadi salah satu kopi favorit di Sumatera Utara. Salah satu keunikan yang bisa anda jumpai pada kopi ini adalah kopi Sigarar-Utang. Istilah tersebut merupakan sebutan dari kopi ini karena tidak bisa lepas dari para petani kopi Dairi atau Sidikalang.

Hal itu dikarenakan rata-rata dari semua masyarakat yang ada di Sidikalang maupun yang merantau ke luar Sidikalang tetap memelihara kopi tersebut. Kopi seperti memiliki sihir yang mampu membayar semua hutang (sigrar utang) dan bisa menjadi penyelamat saat krisis terjadi pada seseorang tersebut. Kejadian ini bukan isapan jempol belaka karena sudah pernah terjadi khususnya pada tahun 1998 dimana terjadi krisis di Indonesia. Hal itu tidak terjadi di Sidikalang karena pada saat itu kopi masih melambung tinggi yang tidak ada habisnya sehingga memberikan kemakmuran untuk masyarakat sekitar. Dengan demikian, anak-anak bisa bersekolah dengan baik dan bahkan bisa membangun rumah, membayar hutang, dan lain sebagainya.

Keunikan lainnya yang bisa anda dapatkan di Kopi Robusta Sidikalang adalah kopi ateng dan waktu singkat mampu dipanen dengan baik. Selain kopi yang memang bisa diproduksi dan mampu membayar hutang-hutang, kopi ini juga mengalami modifikasi sehingga mampu di panen secara lebih cepat. Selain itu, modifikasian ini juga memberikan keuntungan lain dimana pohon kopi tidak terlalu tinggi sehingga saat panen tiba anda tidak perlu menggunakan tangga untuk memetik buah kopi tersebut.

Meskipun jenis robusta di daerah Sidikalang bisa dikatakan hampir punah, namun anda tetap bisa menemukan kopi ini disana. Kopi robusta memang lebih lama untuk dipanen sehingga para petani berpindah ke Arabika. Namun, kualitas robusta disini sangat bagus sehingga para petani punenggan untuk meninggalkan kopi robusta.

Keunggulan Kopi Robusta Sidikalang dengan kopi lain di Sumatera

Jika dilihat dari berbagai karakteristiknya, maka Kopi Robusta dari Sidikalang memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dengan kopi lain yang berasal dari Sumatera. Jika kebanyakan kopi yang berasal dari sumatera memiliki cita rasa yang kuat dan aromanya yang kompleks contohnya seperti pada Kopi Gayo ataupun Kopi Lampung, maka kopi robusta ini tidak memiliki bau yang terlalu kuat. Sebaliknya, rasanya yang sedikit pahit seperti cokelat membuat cita rasa dari kopi ini cocok untuk para wanita dan orang lain yang menyukai kopi dengan aroma sedang. Selain itu, kopi ini juga tidak terlalu gurih karena rasanya lebih ke arah manis seperti kopi robusta lainnya.

Keunggulan lain yang bisa anda jumpai pada Kopi Robusta Sidikalang adalah dalam proses pembuatannya. Untuk memproses kopi ini, seseorang tidak terlalu bersusah payah karena mereka hanya perlu memetik saat matang, anda hanya perlu menggilingnya untuk memisahkan kulit dengan biji kopi setelah itu dicuci sampai bersih dengan cara dipijak-pijak agar lendir bisa lepas bersamaan dengan air.

Dengan berbagai karakteristik dan keunggulan dari Kopi Robusta Sidikalang, maka sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi ini memiliki penggemar yang cukup banyak. Tidak hanya di dalam negri saja, kopi ini sudah sampai ke mancanegara sama seperti kopi yang berasal dari sumatera lainnya dengan cita rasa yang unik dan berbeda dengan kopi lain yang berasal dari Sumatera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *