Kopi Sasak Liseng: Kopi Tradisional Khas Lombok Timur

Lombok adalah salah satu wilayah di Indonesia dengan penghasil kopi terbanyak. Di Lombok Timur, ada satu kopi yang sangat popular yaitu kopi Sasak Liseng. Bagi para pecinta kopi, mungkin pernah mendengar kopi khas Lombok Timur ini. Namun, mungkin saja belum pernah mencobanya. Kopi ini bisa disebut salah satu kopi paling enak di seluruh Indonesia. Mungkin namanya tak setenar kopi Aceh, kopi Malabar, dan lain lain. Namun, rasa dan aromanya tak perlu diragukan lagi. Untuk mengenal kopi ini, mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengolahan Tradisional Kopi Sasak Liseng

Lombok adalah salah satu pulau yang paling Indah di Indonesia. Itulah kenapa Lombok lebih dikenal dengan destinasi wisatanya dibanding kulinernya. Padahal, kopi khas Lombok Timur ini sangat digemari para pecinta kopi. Berbeda dengan kebanyakan kopi yang sudah diolah dengan peralatan modern, kopi ini masih menggunakan peralatan tradisional untuk pengolahannya. Prosesnya juga sangat sederhana. Itulah kenapa kopi tradisional Sasak Liseng memiliki rasa khas tradisional dan menguatkan nilai khas daerah Lombok Timur.

Di Mana Mendapatkan Kopi Sasak Liseng?

Meskipun kopi Sasak Liseng sangat popular di Lombok, bukan berarti kopi ini bisa kita jumpai di seluruh wilayah di Lombok. Untuk wilayah penghasil kopi ini, yang paling terkenal adalah Kerumut. Kerumut merupakan sebuah desa yang terletak di Lombok bagian Timur, tepatnya di kecamatan Pringgabaya. Namun, selain di Kerumut, kopi khas Lombok Timur ini juga bisa ditemukan di wilayah lain khususnya Lombok Timur, meskipun tidak terkenal.

Kuliner Terbaik dan Menu Wajib Hidangan di Lombok Timur

Setiap wilayah di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing. Ada yang berupa makanan, ada juga yang berupa minuman. Jika Yogyakarta terkenal dengan gudeg nya dan Wonosobo terkenal dengan carica nya, Lombok Timur memiliki kopi khas Sasak Liseng ini. Baru-baru ini, kuliner di Lombok semakin bervariasi hingga semakin popular ke mancanegara. Namun, kopi khas Lombok Timur ini tak pernah kehilangan tempat di hati para penikmat kuliner Lombok. Itulah kenapa kopi ini menjadi salah satu kuliner terbaik dan paling popular di Lombok. Bahkan, kopi ini menjadi hidangan wajib setiap ada yang berkunjung atau bertamu ke Lombok.

Bagi yang pernah bertamu ke Lombok, pasti pernah disuguhi kopi khas ini. Kopi ini disebut sebagai salah satu cara untuk menghormati tamu. Tak heran jika setiap rumah memiliki persediaan kopi khas Lombok Timur ini. Biasanya, sekitar 5 atau 7 menit setelah tamu datang, hidangan kopi khas ini wajib sudah keluar dihidangkan kepada para tamu. Meskipun kopi ini sudah menjadi minuman sehari-hari penduduk di sana, namun kopi Sasak Liseng tetap terasa nikmat di lidah. Rasa dan aromanya begitu pas untuk siapa saja.

Proses Pembuatan Kopi Sasak Liseng

Tahukah kalian cara membuat kopi khas Lombok Timur ini? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kopi ini adalah kopi tradisional karena semua prosesnya masih menggunakan alat tradisional. Memang para pembuat ingin melestarikan khas pembuatan kopi ini. Dengan menjaga ketradisionalannya, rasanya pun juga lebih murni. Pertama, pemilihan biji kopi kualitas premium langsung di pasar harus dilakukan dengan teliti. Setelah mendapatkan biji kopi pilihan, lalu biji kopi itu digoreng seperti proses pembuatan kopi pada umumnya.

Karena menggunakan alat tradisional, penggorengan dilakukan dengan menggunakan panic dari tanah liat yang disebut dengan “kekete”. Setelah selesai digoreng, kopi tersebut kemudian ditumbuk dengan liseng. Liseng adalah alat penumbuk kopi tradisional. Tumbuklah sampai benar-benar halus. Setelah itu, kemudian disaringlah tumbukan kopi tersebut dengan hati-hati. Terakhir, hasilnya dikemas menggunakan plastik. Kemasan plastiknya pun sangat sederhana. Justru proses tradisional inilah yang membuat kopi Sasak Liseng menjadi lebih menarik.

Waktu Terbaik Minum Kopi Sasak Liseng

Jika kalian membeli kopi Sasak Liseng Lombok Timur, tentu harus tahu kapan waktu terbaik untuk meminumnya. Seperti kebanyakan orang, kopi ini juga sangat bagus bila diseduh saat pagi hari. Menyeduh kopi ini akan membuat kalian semakin segar dan semangat dalam memulai segala aktifitas hingga sore hari. Bahkan, kopi ini juga sangat cocok hanya untuk sekedar bersantai di akhir pekan. Namun, bukan berarti kopi ini tak cocok jika diminum selain pagi hari. Banyak penikmat kopi yang memilih untuk menyeduh kopi ini di malam hari. Kopi juga membuat inspirasi kita semakin terbuka dan berkembang. Jadi, kopi ini baik untuk siapa saja dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Seberapa Sering Boleh Minum Kopi Sasak Liseng?

Sama seperti kopi lainnya, kopi ini aman dikonsumsi. Rasanya yang nikmat semakin membuat banyak orang suka. Seperti kita tahu, kopi ini menjadi minuman sehari-hari para penduduk di Lombok Timur. Hal ini menunjukkan kalau kopi khas Lombok Timur ini boleh dikonsumsi setiap hari. Namun, lebih baik hanya meminum kopi ini 1 hingga 2 gelas setiap harinya, karena meminum kopi terlalu banyak biasanya membuat kita susah tidur dikarenakan kandungan caffeine di dalamnya. Jadi, selama tidak berlebihan, kopi ini sah-sah saja untuk dinikmati setiap hari.

Harga Kopi Sasak Liseng

Kopi ini sekarang sudah tersedia di toko-toko di Lombok Timur maupun di kota-kota besar yang tersebar di Indonesia. Harganya juga bermacam-macam. Misalnya, kopi Sasak Liseng kemasan dengan berat bersih 160 gram biasanya dibandrol sekitar 85 ribu. Meskipun tak selalu sama harganya antar wilayah dan pedagang, namun perbedaan haranya tidak akan terlalu tinggi. Dengan harga di atas serta mempertimbangkan kenikmatannya, harga yang ditawarkan bisa dibilang relative terjangkau. Jadi, kopi khas Lombok Timur ini cocok untuk semua kalangan dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja.

Tips Membeli Kopi Sasak Liseng

Pastinya, kalian ingin mendapatkan yang terbaik saat membeli kopi. Jadi, jika ingin membeli kopi khas Lombok Timur ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah banyaknya. Kopi ini biasanya dijual dalam kemasan saset yang memiliki berat berbeda-beda. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhanmu. Selain itu, pastikan bahwa kopi yang kalian pilih adalah benar-benar asli 100%. Mungkin saja ada beberapa kasus di mana kopi sudah mendapat campuran yang membuat rasanya berbeda. Kopi yang masih asli memiliki karakteristik yang lebih khas.

Kemudian, pastikan juga kalau kopi yang kalian beli merupakan hasil dari olahan tradisional. Namun, kami juga yakin apabila kopi ini didapat dari Lombok Timur langsung, maka proses pembuatannya masih dengan alat tradisional. Yang terakhir, kopi yang kalian beli harus tanpa pengawet apapun. Kopi dengan pengawet memiliki kualitas yang lebih rendah dan tentu lebih tidak aman dikonsumsi. Jadi, jika kalian tertarik dengan kopi Sasak Liseng, tunggu apalagi untuk membelinya sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *