Kopi Sibu-Sibu Dari Ambone Yang Amboi Rasanya

Ambon adalah salah satu wilayah di indonesia yang berada di bagian timur. Ambon berada di maluku. Wilayah ambon memang sangat cantik dengan banyak tempat wisata yang sangat luar biasa cantik. Selain keindahan alam yang eksotis, daya tarik dari kota ambon yang lainnya adalah kopi ambon. Kopi di ambon sangat terkenal di berbagai wilayah di indonesia dan bahkan terkenal hingga ke manca negara. Anda yang sangat menyukai kopi perlu untuk mengetahui dan mencoba mengenai kopi ambon yang sering disebut sebagai kopi sibu-sibu.

Banyak orang yang masih belum familiar dengan nama sibu sibu. Kopi ini memang memiliki nama yang cukup unik. Sibu sibu memiliki arti sepoi sepoi. Minuman khas dari kota ambon ini adalah asset yang juga perlu untuk semakin di kembangkan di indonesia karena citarasa kopi ini sangat lezat dan nikmat. Banyak sekali masyarakat ambon yang menyukai kopi ini. Apabila anda sudah pernah mencoba kopi dari ambon yang satu ini pastilah juga akan menjadi salah satu dari penggemarnya. Di wilayah Indonesia, hampir di setiap daerah memiliki jenis kopi nya masing-masing. Mulai dari sabang hingga marauke, ada banyak jenis kopi yang sangat khas dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Seperti kopi sibu-sibu yang ada di ambon, keunikannya sudah bisa terlihat dari namanya yang berarti sepoi sepoi. Kata sepoi sepoi selalu identik dengan keadaan diri yang relaks dan juga sangat nyaman karena dibuai oleh nyamannya suasana angin seperti di pantai. Hal inilah yang membuat kopi ini memiliki nama yang berarti sepoi sepoi. Penikmat kopi akan di manjakan dan dibuat relaks dengan aroma dan juga rasa dari kopi yang sangat nikmat. Para pecinta kopi bisa merasakan sendiri sensasi dari kopi mabon yang diseduh dengan menggunakan air yang panas. Aroma dari kopi yang begitu harum dan khas akan membuat ada merasa begitu tergoda untuk segera menyeruput kopi hitam yang masih sangat original.

Kota ambon sebenarnya bukanlah wilayah yang menghasilkan banyak kopi. Jika dibandingkan dengan wilayah lain seperti lampung atau bengkulu, ambon masih sangat sedikit memproduksi kopi. Meskipun tidak menjadi salah satu penghasil kopi yang banyak namun minum kopi sudah menjadi salah satu tradisi dari masyarakat ambon. Baik laki-laki ataupun perempuan banyak yang sangat senang dengan kopi sibu sibu. Di ambon anda bisa menemukan sebuah rumah atau warung kopi yang bernama sibu sibu. Kopi ini sangat unik dan juga memang menjual berbagai macam jenis minuman berkualitas dengan rasa yang sangat khas. Anda bisa memesan kopi yang paling banyak di pesan di sana yang bisanya diseduh dengan air panas saja atau bahkan dengan di campur bahan lain.

Rumah kopi yang ada di ambon ini menjual berbagai macam minuman yang terbuat dari kopi dan ada juga minuman yang terbuat dari berbagai macam rempah remah. Kopi sibu-sibu yang unik bisa juga anda temukan dengan campuran rempah rempah. Ketika kopi sudah terdapat campuran rempah rempah maka nantinya rasa kopi sudah berbeda dengan rasa aslinya namun bukan berarti rasa kopi tidak bisa dirasakan lagi. Meskipun dicampur dengan rempah-rempah, rasa kopi masih tetap ada namun memang sensasinya akan berbeda jika dibandingkan dengan meminum kopi tanpa ada campuran rempah.

Di indonesia, jenis kopi yang paling banyak di tanam adalah jenis kopi arabika dan juga jenis kopi robusta. Kedua jenis kopi ini telah berhasil menduduki tangga teratas dari jenis kopi yang banyak di budidayakan di indonesia. Jenis kopi tersebut banyak dibudidayakan karena rasa kopi yang lezat, keasaman yang pas, aroma yang nikmat, mudah di budidayakan dan juga harga jual yang cukup stabil. Para penikmat kopi juga sudah sangat kenal dengan rasa dari kedua jenis kopi tersebut karena kopi dalam kemasan yang dijual instan juga kebanyakan terbuat dari dua jenis kopi ini, kopi sibu-sibu adalah kopi dari ambon asalnya adalah dari jenis kopi arabica.

Kesuburan dan lokasi penanaman mempengaruhi rasa kopi

Tanah yang ada di Indonesia dikenal sangat subur sehingga jenis kopi ini akan sangat mudah untuk di kembangkan. Kondisi tanah di setiap wilayah di Indonesia memiliki perbedaan kondisi dan unsur tanah sehingga rasa dari kopi yang dihasilkan juga akan berbeda beda antara kopi yang satu dengan kopi yang lain meskipun jenis kopi yang ditanam adalah sama.hal inilah yang menyebabkan setiap kopi di wilayah tertentu memiliki nama sendiri dan memiliki keunikan yang berbeda beda. Jika dirasakan,jenis kopi arabika yang berasal dari bengkulu dengan dari ambon nantinya akan memiliki perbedaan.

Di wilayah ambon, ada banyak jenis rempah rempah yang khas. Rempah-rempah ini sering dibuat untuk minuman yang nantinya akan dicampurkan dengan kopi. Masyarakat di sana senang untuk meminum kopi rasa rempah-rempah sehingga nantinya aroma kopi akan bercampur dengan roma rempah. Rempah rempah yang begitu wangi dan kemudian di padukan dengan aroma kopi yang khas siap untuk memanjakan penikmatnya. Menikmati kopi akan semakin sempurna jika dilakukan bersama-sama dan juga ditemani dengan makanan khas dari ambon. Kopi dari wilayah sibu-sibu bisa memberikan pengalaman minum kopi yang sangat khas untuk anda yang sangat menyukai kopi .

Menikmati kopi dengan cara anda sendiri

Apabila anda sedang berkunjung ke ambon dan ingin menikmati kopi rasa original maka anda bisa mendapatkannya. Menikmati kopi sibu-sibu bisa dilakukan dengan cara anda sendiri. Jika anda tidak terlalu menyukai kopi yang dicampur dengan rempah rempah. Menikmati kopi dengan cara sendiri akan lebih nyaman karena anda bisa menentukan sendiri rasa kopi sesuai dengan selera anda. Menikmati kopi hanya dengan air panas dan kemudian diberi sedikit gula adalah cara yang paling umum dilakukan oleh masyarakat indonesia. Dengan membuat kopi tanpa berbagai tambahan bahan, anda bisa merasakan sensasi rasa kopi khas ambon yang pahit, asam sepatnya sangat unik.

Mengkreasikan kopi sibu-sibu

Menikmati kopi bisa dengan banyak cara. Selain mengikuti adat dari ambon, anda bisa menjadikan kopi asal dari ambon sebagai bahan minuman yang bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan anda. Ada banyak jenis minuman kopi yang bisa anda buat mulai dari kopi biasa, kopi rempah, kopi dingin, kopi susu, dan masih banyak lagi kreasi kopi yang bisa anda buat dengan menggunakan jenis kopi sibu-sibu ini. Menikmati kopi di waktu luang adalah hal yang sangat menyenangkan. Ada akan merasakan sensasi relaksasi yang bisa membantu untuk mengembalikan semangat anda dan membeikan banyak inspirasi baru karena pikiran menjadi lebih tajam.

Kopi sibu-sibu layak untuk menjadi salah satu jenis kopi favorit dari masyarakat indonesia karena kopi ini telah banyak dinikmati oleh masyarakat baik dalam negeri ataupun luar negeri. Manfaat mengkonsumsi kopi ini juga banyak. Seperti yang telah kita ketahui, mengkonsumsi kopi secara rutin bisa mengurangi resiko mengalami masalah batu ginjal, menenangkan pikiran, dna mengembalikan semangat. Masih ada banyak manfaat dari kopi yang di konsumsi secara teratur dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *