Kopi Tarutung, Kopi Asli Indonesia

Untuk anda pecinta minuman seperti kopi tentu saja anda tahu bahwa Indonesia adalah negara penghasil kopi terbaik. Dengan memenangi beberapa kontes internasional membuat kopi asal Indonesia menjadi lebih dikenal oleh mancanegara sebab mampu menjadi kopi terbaik dunia. Oleh karena itu tidak heran juga jika anda berada di kota mana saja yang terdapat di Indonesia maka anda dapat menjajal berbagai macam suguhan kopi dengan cita rasa yang unik dan berbeda pada tiap tiap wilayahnya. Salah satunya adalah kopi Tarutung. Jika dilihat dari namanya saja sudah unik mungkin disini anda sudah penasaran dengan cita rasa yang dihasilkan oleh kopi ini. Dan untuk menjawab semua rasa penasaran anda tersebut maka langsung saja simak lebih lanjut mengenai kopi Tarutung yang akan dibahas secara lengkap dibawah ini.

Asal Kopi Tarutung

Kopi Tarutung terbaik dunia ini berasal dari kabupaten Tapanuli Utara yaitu tepatnya di Sumatera Utara. Penghargaan sebagai kopi terbaik ini diberikan secara langsung oleh Starbuck yang ada di Washington DC, Amerika Serikat. Seperti yang anda ketehui bahwa kopi starbuck tersebut merupakan perusahaan kopi terkemuka atau terbesar yang ada di dunia. Kopi starbuck ini sendiri juga memiliki banyak cabang yang didirikan di beberapa negara negara besar dan salah satunya adalah Indonesia. Penilaian yang diberikan terhadap kopi Tarutung tersebut disampaikan sebagai apresiasi untuk seluruh para petani kopi yang ada di daerah Tarutung untuk dapat mempertahankan kualitas kopi Tarutung hingga seterusnya di kemudian hari.

Direktur Komersial Perusda Pertanian Tapanuli Utara yaitu Ir. Lambas Hutasoit menyampaikan bahwa kopi tarutung tersebut sangat nikmat dan memiliki potensi sebagai kopi andalan Tapanuli Utara. Dan oleh karena itu pilihan perusda pertanian ini akan membantu untuk dapat mengembangkan pemasaran dari kopi tarutung ini sendiri. Tentu saja tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat tarutung atau bagi petani kopi tarutung itu sendiri.

Kopi Tarutung ini memang harus terus dijaga kualitasnya dan jika perlu juga dapat ditingkatkan lagi sehingga penilaian sebagai kopi terbaik di dunia tetap di pegang oleh kopi Tarutung dan tentunya agar konsumen tetap setia untuk menikmati kopi ini. Tidak heran juga jika konsumen atau penikmat kopi Tarutung bukan hanya dari dalam negri saja melainkan hingga luar negri sekalipun. Oleh karena itu bagi anda pecinta kopi maka sangat disayangkan sekali apabila anda tidak atau belum mencicipi kenikmatan yang diberikan oleh sajian kopi tarutung ini.

Kualitas Kopi Tarutung

Kualitas kopi tarutung ini sendiri memang sudah tidak perlu di ragukan lagi. Kopi ini memiliki keunggulan yang sangat kooperatif jika saja dibandingkan dengan beberapa kopi lainnya yang ada di Indonesia dan bahkan jenis kopi yang ada di beberapa negara lainnya. Kualitas dari kopi ini juga berasal dari tanaman kopi yang merupakan komoditas unggul yang di pelihara di perkebunan oleh para rakyat Tarutung. Kopi ini dipetik dengan sangat baik dan para petani melakukan penjemuran dengan sangat sempurna. Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari yang namanya prosedur. Para petani kopi yang ada di Tarutung ini melakukan masa panen dan juga pemetikan kopi sesuai dengan aturan atau tahapan yang semestinya. Kualitas kopi tarutung ini juga dikarenakan adanya proses sortasi dan juga seleksi yang sangat ketat sehingga pihak petani, produksi atau pengolah kopi juga tidak dapat sembarangan dalam memilih serta mengolah kopi yang akan di konsumsi oleh banyak konsumen tersebut.

Beberapa hal diatas tersebutlah yang membuat kualitas kopi Tarutung ini tetap terjamin dan sangat awet serta dihasilkan dari biji kopi yang sangat segar. Kemudian kopi tarutung ini akan di olah oleh pabrik kopi yang ada di kecamatan siborongborong. Kini jumlah produksi kopi yang ada di perkebunan yang terletak di kabupaten tapanuli utara tersebut adalah 10.453,46 ton dengan jumlah produktivitas sebesar 687,39 kg pada tiap hektar yang luas lahannya adalah 15.207,50 hektare.

Manfaat Kopi Tarutung

Kunjungan Rombongan Badan Kerjasama Internasional Jepang atau JICA yang berlangsung di pendopo atau rumah bupati dimana pada saat itu bupati tapanuli utara adalah Drs. Nikson Nababan menyampaikan bahwa cita rasa yang disajikan dalam kopi tarutung ini sangat khas dan benar benar alami atau berasal dari organik tanpa ada campuran bahan lain serta tidak mengandung residu pestisida. Hal inilah yang membuat kopi tarutung ini sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat kopi tarutung bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan energi dan kecerdasan otak. Jika anda mengonsumsi kopi ini maka rasa lelah yang ada pada diri anda akan dihilangkan serta diganti dengan peningkatan energi. Hal tersebut dikarenakan kopi memiliki kandungan stimulan atau kafein yang juga dapat mempengaruhi kerja otak sehingga menimbulkan adanya efek rangsangan pada otak. Manfaat berikutnya yaitu dapat membantu untuk membakar lemak. Jika saja anda tahu bahwa seluruh suplemen pembakar lemak ternyata mengandung kafein.

Manfaat lain yang dimiliki oleh kopi Tarutung ini yaitu dapat meningkatkan performa fisik atau level adrenalin yang ada di dalam darah. Anda juga harus tahu bahwa ternyata kopi ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Jika anda mengonsumsi satu gelas kopi maika anda akan memenuhi kebutuhan nutrisi riboflavin atau vitamin b2 serta pantothenic acid atau vitamin b5 dan manganese potassium serta mangnesium niacin untuk tubuh anda.

Dan anda juga harus tahu bahwa dengan mengonsumsi kopi tarutung ini maka anda dapat mengurangi terjadinya resiko diabetes tipe 2. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat meningkatkan jumlah serat bagi tubuh anda. Dan kopi ini juga dapat menghindari anda dari penyakit alzheimer serta dimensia. Pada umumnya penderita penyakit alzheimer dan dimensia ini adalah para orang tua atau lanjut usia yaitu diatas usia 65 tahun dan oleh sebab itu anda dapat mengonsumsi kopi ini untuk dapat mencegah timbulnya penyakit tersebut di hari tua. Dan kopi ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit parkinson atau matinya syaraf pada tubuh anda. Kemudian yang paling penting yaitu kopi ini dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.

Cara untuk mengonsumsi kopi tarutung ini sama seperti mengonsumsi kopi pada umumnya yaitu anda dapat menyeduhnya dengan air hangat dan dapat di konsumsi kapan saja anda mau. Kini bagi anda pecinta atau penikmat kopi maka anda wajib untuk menjajal kopi nikmat yang satu ini yang tentunya akan membuat anda menikmati kopi dengan sensasi yang berbeda. Terlebih jika kopi yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kopi Tarutung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *