Kopi Tarutung, Kopi Dari Tanah Tapannuli Yang Khas

Indonesia adalah negara yang kaya akan banyak hal. bukan hanya budayanya saja yang begitu kaya namun komoditi pertanian yang dihasilkan sangat luar biasa. Ada banyak jenis kopi yang bisa anda temukan di wilayah Indonesia. Hampir di setia. Wilayah memiliki kopi dengan nama yang berdasarkan dengan daerah asal. Salah satu jenis kopi yang menjadi kopi hasil dari pertanian Indonesia adalah kopi tarutung. Banyak sekali masyarakat yang belum terlalu familiar dengan nama kopi ini. Jenis kopi ini memang terbilang unik. Para pecinta kopi sebaiknya mengenali mengenai kopi yang satu ini.

Ada banyak jenis kopi yang di tanam di wilayah Indonesia. Kebanyakan jenis kopi yang di tanam adalah kopi arabika daan kopi robusta. Kedua jenis kopi tersebut memang jenis kopi utama yang di tanam oleh para petani kopi Indonesia karena memiliki rasa dan aroma yang sangat baik. Selain itu, pembudidayaan kopi ini juga bagus karena memang jenis tanaman ini adalah tanaman yang mudah tumbuh di dataran tinggi. Indonesia memiliki wilayah yang sangat strategis sehingga tanaman kopi sangat mudah untuk dikembangkan. Kopi asli dari tarutung adalah produk asli Indonesia dan banyak digemari oleh masyarakat baik dari dalam negeri maupun orang luar negeri.

Indonesia telah mengajukan berbagai jenis kopi dari berbagai wilayah di indonesia ke kontes kopi internasional dan hasilnya sangat mengagumkan. Banyak jenis kopi dari Indonesia yang berhasil menjadi pemenang dalam beberapa kategori. Kopi Indonesia telah banyak dikenal oleh masyarakat internasional sebagai kopi yang memiliki rasa yang berkualitas. Kopi kualitas premium lebih mudah menembus pasar internasional. Anda yang senang dengan kopi asli dari Indonesia patut untuk berbangga hati karena kualitas kopi yang kita miliki benar benar telah diakui di mata dunia.

Keistimewaan dari kopi tarutung

Dari sekian banyak jenis kopi yang bisa di temukan di wilayah Indonesia, kopi ini memiliki banyak keistimewaan. Anda yang belum pernah mengenal kopi yang satu ini sebaiknya mengetahui asal dan juga keistimewaan kopi. Kopi tarutung adalah kopi yang berasal dari taruntung. Masyarakat taruntung memang banyak yang menjadi petani kopi. Kopi yang di hasilkan dari wilayah taruntung tapanuli ini memang sangat khas dengan kualitasnya yang sangat baik. Biji kopi dari tanah taruntung memiliki ukuran yang pas dan buah yang utuh. Kopi di proses dalam keadaan masih segar sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa.

Keistimewaan yang ada pada kopi ini adalah terletak pada kualitas rasa dan juga kualitas dari aroma. Kopi memang memiliki cita rasa yang sangat istimewa. Rasa kopi biasanya di dominasi rasa pait, sepat bahkan ada juga yang dikombinasi dengan rasa asam. Seperti jenis kopi yang berasal dari taruntung ini. Rasa kopi yang pahit, gurih, dengan rasa sepat dan asam yang pas membuat kopi ini mampu memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya. Selain rasanya yang begitu pas, kopi ini juga memiliki aroma yang sangat spesial. Setiap jenis kopi dari wilayah tertentu akan memiliki aroma yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan aroma kopi banyak dipengaruhi oleh tanaman yang tumbuh di sekitarnya.

Apabila kopi di tanam bersamaan dengan pohon jeruk maka nantinya kopi akan memiliki aroma yang segar dan sedikit mengandung aroma jeruk. Ada juga kopi yang memiliki aroma khas yang bercampur aroma rempah karena di tanam di dekat lahan yang ditumbuhi banyak rempah rempah. Kopi dari tarutung ini memiliki aroma yang sangat khas. Anda bisa membuktikan kenikmatan kopi ini dengan mencoba untuk menikmati secara langsung. Kopi ini dapat di nikmati di waktu senggang atau bahkan di jam padat anda sebagai teman saat bekerja. Menikmati kopi ketika waktu senggang akan membantu untuk merelaksasi sedangkan jika diminum saat anda sedang sibuk, kopi mampu membantu untuk meningkatkan semangat beraktifitas.

Kopi yang berasal dari wilayah tapanuli ini memang dikenal akan kualitasnya yang sangat baik. Kualitas dari kopi bukan didapatkan dengan proses yang mudah. Perawatan dari tanaman kopi ini dilakukan dengan sungguh sungguh agar tanaman dapat menghasilkan biji kopi yang berkualitas. Masalah seperti hama yang menyerang juga selalu di tanggulangi dengan baik agar tidak menyebar dan merusak tanaman kopi. Ketika anda berkunjung ke tapanuli maka anda sebaiknya mencoba untuk merasakan sendiri kopi yang benar benar asli dari perkebunan taruntung.

Kopi yang dirawat dengan baik selanjutnya akan di panen dalam keadaan yang benar benar sudah siap panen. Masa pemanenan dilakukan ketika kopi sudah mulai matang dan menghasilkan kualitas kopi unggulan. Kopi dari taruntung tidak semuanya dicampur. Kualitas kopi yang sangat baik ini di dapatkan karena kopi dengan kualitas baik dan kurang baik di pisahkan dan hanya diambil yang berkualitas saja. Prosedur penyortiran ini dilakukan dengan tepat sehingga kopi yang diedarkan ke masyarakat adalah kopi dengan kualitas tinggi.

Para pecinta kopi akan merasa puas ketika menikmati kopi tarutung yang satu ini. Kopi dari wilayah tapanuli dapat di nikmati dengan berbagai cara. Anda bisa menikmatinya dengan cara tradisonal yakni dengan menyeduh kopi dengan air panas atau bisa juga dengan cara modern. Kopi yang di seduh dengan air panas dan kemudian di sajikan bersama es dan susu juga sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati kopi dengan sensasi yang berbeda. Cara menikmati kopi yang beragam akan membuat anda mendapatkan pengalaman minum kopi yang lebih istimewa. Anda bisa membuat minuman dengan bahan kopi ini sesuai dengan kreatifitas dan selera anda.

Beberapa manfaat minum kopi tarutung

Para pecinta kopi sebaiknya mengetahui bahwa mengkonsumsi kopi ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Banyak orang yang belum mengetahui jika mengkonsumsi kopi dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kopi juga mampu untuk mengatasi atau mencegah diabetes. Manfaat dari kopi tidak hanya berhenti disitu saja, anda bisa mencegah penyakit seperti batu ginjal dengan mengkonsumsi kopi secara teratur namun dengan takaran yang pas.

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan tentu saja sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak kesehatan. Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek yang kurang baik. Anda dapat menjadikan kopi tarutung ini sebagai kopi favorit anda dan bisa menjadi teman di waktu luang atau bahkan waktu sibuk anda. Ketika anda sedang berkunjung ke tapanuli jangan lupa untuk menjadikan kopi dari rakyat taruntung sebagai oleh oleh. Hari hari akan semakin menyenangkan dan bersemangat ketika anda mengawalinya dengan mengkonsumsi kopi.

Mengkonsumsi kopi sembari membaca koran bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk anda lakukan di waktu luang. Kopi tarutung juga cocok untuk diminum bersama dengan kawan atau bahkan dengan anggota keluarga. Menghirup aroma kopi yang sangat khas akan mempengaruhi mood anda dan menyegarkan pikiran yang stress. Beberapa manfaat dari kopI tersebut sudah banyak diakui dan bahkan juga sudah diteliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *