Kopi Temanggung – Kopi Khas Jawa dengan cita rasa Tembakau

Jika berbicara mengenai kopi, memang Indonesia kaya akan berbagai macam jenis kopi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perkebunan kopi yang bisa anda temukan di Indonesia. Selain itu, Negara Indonesia juga terkenal akan berbagai macam varietas kopi yang bisa anda nikmati. Secara umum, kopi dibedakan menjadi dua jenis yakni kopi arabika dan juga kopi robusta. Di Indonesia, kedua jenis kopi tersebut bisa ditemukan di banyak wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah di Indonesia yang menghasilkan kopi yang mempunyai kualitas tinggi ialah di Kabupaten Temanggung. Kopi ini memang dikenal sebagai kopi yang mempunyai cita rasa yang tinggi. Salah satu produk kopi yang khas di daerah ini ialah kopi temanggung.

Temanggung Daerah penghasil kopi

Jika berbicara mengenai daerah temanggung, daerah ini mungkin yang terkenal ialah tembakaunya. Yuph, kabupaten Temanggung memang terkenal dengan tembakaunya hal tersebut dikarenakan banyak lahan yang bisa anda temukan di Temanggung ditanami dengan tembakau. Namun demikian, ternyata kabupaten Temanggung tidak hanya terkenal akan tembakaunya saja, namun juga tanaman kopi yang special dan mempunyai cita rasa yang tinggi. Kopi temanggung ini memang banyak yang mengatakan bahwa jenis kopi ini berbeda dengan kopi-kopi yang bisa anda temukan di daerah lainnya. Hal tersebut karena kopi ini memang ada sedikit aroma bahkan rasa tembakau yang ada dalam kopi ini.

Tanaman kopi yang ditanam di daerah temanggung ini memang mempunyai rasa khas tembakau. Hal tersebut disebabkan tidak lain dan tidak bukan karena tanaman kopi tersebut berdekatan dengan tanaman tembakau sehingga rasa tembakau tersebut menyisip ke dalam kopi tersebut. Secara alamiah, tanaman kopi yang ditanam di dekat atau berdampingan dengan tanaman tembakau maka secara alamiah tanaman kopi temanggung akan menyerap tanaman tembakau sehingga sari-sari tembakau akan terserap dalam tanaman kopi tersebut.

Cita Rasa Kopi Temanggung

Mengapa kopi temanggung itu berbeda dengan kopi di daerah lain? Yuph, mungkin pertanyaan itulah yang menghinggapi pikiran anda. Kopi yang berasal dari temanggung ini memang berbeda dengan kopi pada umumnya. Namun demikian, untuk jenis kopi yang ditanam sendiri sama dengan jenis kopi yang ditanam pada daerah lainnya. Tanaman kopi yang bisa anda temukan ketika anda pergi ke Temanggung ialah jenis kopi robusta dan juga kopi arabika. Untuk kopi robusta, anda bisa menemukan jenis kopi ini di beberapa kecamatan yang ada di temanggung diantaranya ialah kecamatan wonoboyo, Bejen, Candiroto, Gemawang, Jumo, Kandangan, Kaloran, Kranggan, dan Pringsurat. Daerah-daerah yang disebutkan itu, memang berada didaerah yang tidak terlalu tinggi.

Sementara itu, kabupaten temanggung juga terkenal akan kopi arabikanya. Untuk kopi jenis ini, anda bisa menemukan tanaman kopi ini pada dataran tinggi. Namun demikian, jika anda pergi ke Temanggung maka anda akan menemukan bahwa populasi tanaman kopi arabika tersebut tidak sebanyak jumlah tanaman kopi robusta. Hal tersebut dikarenakan bahwa kopi arabika termasuk jenis tanaman yang akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan biji kopi yang berkualitas pada dataran tinggi dengan ketinggian tertentu. Namun seperti yang sudah saya sampaikan, bahwa kebanyakan daratan tinggi di kabupaten Temanggung ditanami oleh tembakau dan hanya sedikit petani yang menanami daerah mereka dengan kopi. Tanaman kopi biasanya hanya ditanam oleh para petani tembakau sebagai pembatas antar kebun tembakau saja. Dengan demikian, jumlah pohon kopi yang bisa anda temukan di dataran tinggi di temanggung sangat terbatas.

Namun demikian, akhir-akhir ini minat para petani untuk menanam tanaman kopi arabika semakin naik. Banyak dari mereka sudah mulai melirik tanaman kopi untuk mengisi lahan mereka. Memang kopi arabika sendiri tergolong kopi yang punya persyaratan yang unik ketika kopi tersebut ingin menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan salah satunya ialah kopi tersebut setidaknya ditanam pada ketinggian di atas 800 meter di atas permukaan laut. Sementara itu, untuk kopi jenis robusta sendiri, kopi jenis ini memang bisa tumbuh dengan baik dan juga menghasilkan biji kopi yang berkualitas pada ketinggian dibawah ketinggian tersebut.

Penjualan Kopi Temanggung

Petani kopi di kabupaten Temanggung tergolong petani kopi yang melek akan bisnis hal tersebut bisa dilihat dari para petani kopi yang hampir sebagian besar biji kopi mereka tidak dalam keadaan mentah atau green bean. Namun demikian, mereka juga sudah mulai mengolah dan juga menjualnya dalam bentuk bubuk kopi. Tentu hal tersebut akan lebih menghasilkan keuntungan lebih besar jika dibandingkan hanya menjual kopi mentah saja. Selain itu, mobilitas petani kopi di kabupaten Temanggung juga sangat dinamis. Hal tersebut dikarenakan para petani tidak cenderung terpaku pada satu jenis kopi saja, namun mereka dinamis dalam jenis tanaman kopi yang akan mereka tanam, seperti kopi arabika, kopi robusta, dan bahkan campuran dari kedua jenis kopi tersebut arabusta.

Pengolahan Kopi Temanggung

Seperti yang sudah di sampaikan pada pembahasan sebelumnya, bahwa para petani kopi di daerah sana, sudah melek akan bisnis sehingga mereka tidak hanya menjual kopi mentah saja namun juga kopi dalam bentuk yang sudah terolah. Pengolahan kopi ini memang sudah ada sejak tahun 1980 dan sejak tahun itulah, para petani juga sudah memasarkan produk olahan kopi mereka. Namun demikian, kemasan yang yang dijual oleh petani tersebut belum dalam kemasan yang berlogo. Namun demikian, setelah tahun 2000 an kopi temanggung ini sudah dijual dalam kemasan yang berlogo. Dengan demikian, kemasan kopi yang diolah petani tersebut mempunyai kualitas yang cukup baik untuk dijual di pasaran.

Cara mengolah Kopi Temanggung

Meskipun sudah dibungkus dengan plastic yang berlogo dan sudah diolah, pengolahan kopi ini juga masih menggunakan mesin yang sederhana. Untuk membuat kopi ini, para petani hampir sepenuhnya menggunakan mesin tradisional dan tidak ada mesin modern yang digunakan untuk membuatnya. Langkah pertama yang dilakukan ketika membuat kopi ini ialah dengan memilih biji kopi yang mempunyai kualitas yang tinggi kemudian biji kopi tersebut dicuci kemudian dijemur dan kemudian disangrai lalu digiling hingga menjadi bubuk kopi yang harum. Proses pengolahan tersebut digunakan baik untuk mengolah biji kopi arabika dan juga biji kopi robusta. Untuk kopi robusta yang dihasilkan dari daerah temanggung ini berbeda dengan kopi robusta di daerah lainnya begitu juga dengan kopi arabika yang mana kopi tersebut berbeda dengan kopi arabika pada umumnya

Satu hal yang cukup membanggakan dari kopi temanggung ini ialah bahwa sejak tahun 2008 kopi ini sudah masuk ke pasar ekspor. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, pada tahun tersebut ekspor kopi mencapai kurang lebih 6000 ton dan mempunyai nilai ekspor sebanyak 63 Milyar. Dari data tersebut, maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penikmat kopi temanggung tidak hanya berasal dari kabupaten temanggung saja namun juga seluruh wilayah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *