Kopi Temanggung, Kopi Rasa Tembakau Yang Menggugah Selera

Kopi merupakan salah satu biji yang berasal dari tanaman kopi yang dulunya dibawa oleh penjajah. Karena tanaman ini memberikan banyak sekali manfaat dan sangat bisa dibudidayakan untuk memberikan keuntungan tersendiri bagi petaninya maka tanaman ini semakin berkembang di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang juga memiliki tanaman dengan biji yang asam dan pahit ini adalah Kota Temanggunug. Kota Temanggung ini juga memiliki biji kopi yang sangat enak dan juga unik. Salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki kopi dengan rasa yang sangat unik ini memang sudah banyak dikenal oleh warga sekitar maupun dari daerah lainnya yang biasa disebut dengan kopi temanggung.

Kopi khas Jawa Tengah ini memang terbukti sangat berkualitas karena memang daerah Temanggung merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang sangat cocok untuk ditanami oleh tanaman kopi. Tidak hanya itu saja, disamping tanaman kopi juga ada tanaman tembakau yang mana sari-sari tembakau ini juga berpengaruh terhadap citarasa dari hasil kopi yang didapat. Sisipan rasa tembakau pada biji kopi bisa dirasakan ketika sedang diseduh maupun saat diminum. Hal ini dikarenakan sari-sari tenaman tembakau yang berada di samping tanaman kopi diserap oleh kopi sehingga rasa yang ada pada biji kopi juga menghasilkan rasa tembakau yang sangat alami dan tidak bisa dihilangkan.

Jenis kopi temanggung

Keunikan dari biji kopi temanggung ini memang sangat jauh berbeda dari biji kopi lainnya. Biji yang dihasilkan juga memiliki kualitas unggul. Tidak hanya itu saja, kopi ini juga memiliki beberapa jenis yang memang dihasilkan oleh petani Kabupaten Temanggung. Kopi tersebut adalah jenis robusta dan juga arabica. Keduanya memang tidak dihasilkan pada satu tempat yang sama tetapi keduanya sangat unik. Untuk kopi jenis robusta biasanya dihasilkan dari daerah Pringsut, Kranggan, Kaloran, Kandangan, Jumo, Gemawang, Candiroto, Bejen dan juga Wonoboyo. Sedangkan untuk kopi dari jenis arabica ini memang dihasilkan dari dataran tinggi Temanggung. Namun, jenis kopi arabica memang tidak sebanyak jenis kopi robusta yang mana hal ini dipengaruhi langsung oleh jumlah yang ditanaman oleh petani.

Para petani pada dasarnya menanam tanaman kopi temanggung jenis arabica hanya untuk sekat atau pembatas dari beberapa tanaman. Sehingga tanaman kopi ini tidak memilik populasi yang banyak dibandingkan robusta. Walaupun memang jenis arabica jarang dipanen namun para petani berusaha untuk mengembangkan kedua jenis kopi tersebut yang mana kopi arabica ditanam pada dataran 800 mpdl dan robusta ditanam dibawahnya. Hal ini memberikan dampak positif bagi petani kopi yang ingin menghasilkan uang dari biji kopi ini.

Selain jenis robusta dan juga arabica yang masih dicoba untuk dikembangkan, para petani kopi dari daerah Temanggung juga tidak hanya menjual biji kopi dalam bentuk green bean saja melainkan juga sudah mengolahnya secara langsung. Perkembangan yang sangat dinamis ini memberikan dampak positif bagi para petani Temanggung yang mana mereka tidak hanya menanam saja melainkan juga bisa mengolah dan memasarkannya.

Bahkan tidak hanya cita rasa dari robusta maupun arabica saja melainkan juga bisa dinikmati percampuran antara keduanya. Hal ini sangat jarang dilakukan oleh masyarakat manapun karena memang percampuran antar kopi bisa menyebabkan dampak buruk apabila tidak diproses dengan sangat baik. Namun untuk kopi dari daerah Temanggung ini sudah melalui uji coba laboratorium serta sangat aman untuk dikonsumsi. Bahkan warga Temanggung sendiri juga membuat sendiri kopi dari percampuran kedua jenis kopi tersebut.

Pengolahan kopi Temanggung

Seperti yang sudah dibahas diatas memang ada beberapa tips dan juga cara tersendiri untuk mendapatkan citarasa yang nikmat dari kopi jenis Temanggung ini. Masyarakat Temanggung sendiri memang salah satu faktor penting untuk mendapatkan biji kopi yang berkualitas dan juga citarasa yang bertahan sampai saat ini. Pada mulanya, proses pengolahan kopi dari Temanggung ini memang sudah berlangsung sejak lama yaitu sekitar tahun “80an. Pada saat ini warga Temanggung sudah memasarkan hasil produksinya kewarung-warung setempat. Setelah itu baru merambah ke berbagai daerah dengan merk dan juga berbagai macam kreasi unik sampai saat ini.

Perkembangan dari pemasaran biji kopi temanggung ini memang tidak hanya menonjolkan kemasan yang dimiliki tetapi juga memang mengandalkan karakter dan juga ciri khusus dari biji kopi yang satu ini. Karakter yang dimiliki memang tidak jauh berbeda tetapi ada ciri khusus yang menjadikan kopi ini semakin berkembang ke seluruh daerah di Indonesia. Bahkan tidak hanya Indonesia saja melainkan juga sudah merambah ke pasar ekspor. Biasanya kopi ini di ekspor sekitar 6000 ton yang senilai dengan 63 milyar. Kopi ini akahirnya tidak hanya sebagai salah satu minuman yang dinikmati oleh warga locak saja melainkan juga untuk seluruh dunia.

Ciri dan karakter kopi temanggung

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kopi dari daerah temanggung ini memiliki ciri khas dan juga karakter yang sangat unik. Keunikan ini memberikan salah satu hal yang positif yang bisa dijadikan salah satu alasan mengapa kopi ini menjadi kopi terbaik yang pernah ada. Hal yang pertama dan harus digaris bawahi adalah bahwa kopi dari Temanggung ini memiliki citrasa yang bercampur dengan tembakau yang tidak bisa ditemukan oleh biji kopi manapun. Selain itu kopi jenis robusta memiliki wangin yang lebih kuat dibandingkan dengan kopi jenis robusta lainnya. Dan untuk jenis kopi arabica memang mempunyai ciri khas asam yang tertinggal di mulut.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh kopi Temanggung ini memang bisa dijadikan salah satu hasil atau pemasukan untuk negara. Sehingga produksi setiap daerah penghasil kopi semakin bersemangat untuk menciptakan kreasi lain yang bisa dinikmati oleh pecinta kopi baik dalam negeri ataupun mancanegara. Walaupun terbilang sangat susah untuk memberikan ide kreatif tetapi para petani akan lebih bersemangat untuk memberikan kontribusi mereka terhadap kemajuan negara ini. Baik petani kopi maupun warganya juga bisa memberikan kontribusi lain dalam hal pertanian.

Dari data yang didapatkan memunculkan angka yang cukup menakjubkan untuk penghasil kopi. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang kaya akan biji kopi dengan berbagai jenisnya. Jenisnya pun sangat unggul dan tidak jauh dengan biji kopi dari mancanegara. Oleh karena itu hal ini perlu dikembangkan terus menerus sehingga bisa menjadikan negara Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbanyak dan terbaik. Bahkan setiap tahunnya kopi temanggung ini meningkat secara konstan dan cukup memberikan kontribusi yang positif. Nah itulah informasi yang bisa disampaikan, semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan Anda tentang jenis kopi di Indonesia. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *