Manfaat Benalu Kopi Untuk Berbagai Macam Penyakit Mematikan

Tanaman benalu merupakan salah satu jenis tanaman yang merambat pada tanaman lain dan mengambil makanan dari tanaman yang ditempeli. Semua orang pasti mengetahui apa itu tanaman benalu dan seperti apa bentuknya. Namun tidak semua orang mengetahui apa saja manfaat benalu yang menempel pada tanaman lain seperti kopi. Walaupun hanya beberapa orang saja yang mengetahui tentang manfaat benalu kopi, tetapi sekarang ini sudah banyak situs yang menjelaskan apa saja manfaat kopi dan bagaimana cara meracik benalu kopi agar menjadi obat herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu saja, benalu kopi termasuk tumbuhan parasit yang memiliki banyak manfaat untuk mengobati penyakit yang ganas.

Apa itu benalu kopi?

Benalu kopi adalah jenis tumbuhan yang hidupnya menempel pada tanaman kopi sebagai inangnya. Pada umumnya tumbuhan parasit ini tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Banyak tanaman benalu yang tumbuh pada beberapa jenis tanaman lain seperti mangga, kopi, belimbing dan masih banyak lainnya. Dahulu tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tumbuhan benalu kopi ini karena dianggap mengganggu tanaman yang dijadikan inang. Karena memang proses mencari makan dari tanaman benalu ini berasal dari inang yang ditempelinya maka tanaman yang ditempeli menjadi kekurangan cadangan makanan dan tidak bisa tumbuh dengan baik.

Salah satu tanaman yang sangat baik untuk dijadikan inang adalah tanaman kopi. Benalu pada kopi ini biasanya menempel pada bagian ranting dan juga batang pohon kopi. Seringkali tanaman ini ditemukan di daerah Mandiling Natal di Sumatera Utara. Jenis benalu yang menempel pada tumbuhan kopi ini termasuk benalu yang memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti halnya pada tanaman kopi yang ditempeli, benalu juga menyerap beberapa kandungan dari tanaman kopi sehingga tumbuhan benalu ini sedikit banyak memiliki kandungan yang sama pada tanaman kopi. Biasanya tanaman kopi yang memiliki getah pada akhirnya bisa digunakan sebagai salah satu alternative untuk mengobati kanker melalui tanaman benalu. Hal ini sudah banyak diketahui oleh nenek moyang bangsa Tiongkok dan juga masyarakat daerah Batak.

Manfaat Benalu kopi untuk kesehatan

Manfaat benalu kopi memang sudah banyak ditemukan sejak dahulu tetapi masih belum dikembangkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan pengobatan penyakit melalui tumbuhan benalu ini dilakukan oleh bangsa Tiongkok yang mana cara mengolahnya tidak diturunkan langsung kepada bangsa Indonesia. Oleh karena itu perkembangan dari obat herbal benalu kopi ini tergolong lambat. Walaupun bangsa Tiongkok juga sudah sejak lama mengembangkan tanaman benalu kopi sebagai obat herbal yang ampuh mengobati berbagai macam jenis penyakit, tetapi tidak untuk orang Indonesia. Namun kali ini akan dijelaskan tentang beberapa macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan tumbuhan parasit benalu kopi.

  1. Mengobati kanker

Manfaat tanaman benalu pada kopi yaitu bisa mengobati kanker. Di negara Eropa sudah terbukti bahwa daun dari tanaman ini bisa dijadikan salah satu obat yang bisa menyembuhkan penyakit mematikan seperti kanker. Benalu kopi yang mengandung zat antioksidan tinggi ini bisa menekan perkembangan sel kanker dan juga membantu pertumbuhan sel menjadi semakin sehat.

  1. Mengobati Epilepsi

Selanjutnya juga bisa digunakan untuk mengobati epilepsy. Pada abad ke 16, bangsa Eropa sudah menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit gangguan syaraf yang banyak diderita oleh penderita epilepsy. Daun benalu akan membantu menyembuhkan sel-sel yang rusak yang mengakibatkan gangguan epilepsy itu sendiri.

  1. Mengatasi Tidur mendengkur

Selain kanker dan juga epilepsy, benalu kopi juga bisa digunakan untuk mengatasi tidur mendengkur. Karena mendengkur adalah salah satu gangguan kesehatan yang memang tidak dirasakan oleh penderita, tetapi penyakit yang satu ini bisa menjadi hal yang serius apabila tidak segera diobati. Biasanya untuk mengobati tidur mendengkur dengan daun benalu kopi bisa dijadikan minuman teh dan dikonsumsi secara rutin.

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat benalu kopi lainnya yaitu menurunkan tekanan darah. Walaupun banyak obat yang bisa digunakan sebagai obat mengatasi tekanan darah, daun benalu bisa menjadi obat yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti stroke dan juga jantung maka akan lebih baik untuk segera mengatasi penyakit ini.

  1. Melancarkan peredaran darah

Tidak hanya itu saja, tanaman parasit benalu kopi juga bisa dijadikan salah satu obat untuk melancarkan peredaran darah. Seperti yang kita ketahui bahwa peredaran darah yang lancar bisa membuat tubuh menjadi sehat dikarenakan tubuh memiliki nutrisi yang cukup. Salah satu daun benalu yang bisa dijadikan obat untuk darah yang tersumbat akan sangat membantu penderita karena penyumbatan darah pada otak juga bisa menyebabkan kelumpuhan.

  1. Membunuh sel Tumor

Si kembar dari kanker adalah tumor. Akan tetapi tumor tidak seganas dan mematikan seperti kanker. Namun, gangguan kesehatan ini juga bisa menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu karena tumor bisa berkembang semakin besar dan juga penyebab dari kanker itu sendiri. Dengan membunuh sel tumor pada tubuh, maka bisa mengurangi resiko terjadinya kanker.

  1. Mengobati Hepatitis

Kemudian juga ada penyakit hepatitis. Penyakit ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus yang menyerang bagian hati manusia. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen yang bisa muncul terjadinya kanker hati. Hal ini perlu diwaspadai dengan cara mengatasi sebelum menjadi penyakit yang mematikan. Untuk mengobati hepatitis, daun benalu bisa dikonsumsi dan dijadikan ekstrak teh.

  1. Mengembalikan fungsi hati dan ginjal

Manfaat benalu kopi selanjutnya yaitu untuk mengembalikan fungsi hati dan juga ginjal yang mengalami kerusakan sementara. Untuk kasus yang satu ini, ginjal dan hati yang masih bisa disembuhkan bisa secara rutin mengkonsumsi benalu kopi. Benalu ini memiliki banyak zat yang bisa berguna untuk membersihkan racun-racun dan juga membunuh virus pada tubuh maupun ginjal. Dengan demikian, hati dan juga ginjal bisa menjadi bersih dan dapat berfungsi normal seperti sediakala. Namun perlu dicatat, untuk mengkonsumsinya perlu konsultasi langsung dengan dokter dan juga ahli obat yang memahami tentang berbagai macam obat untuk mengembalikan fungsi hati dan ginjal.

Cara pengolahan benalu kopi

Adapun untuk mengkonsumsinya pasti membutuhkan tahap-tahap tertentu untuk mendapatkan ekstrak terbaik dari daun benalu kopi ini. Sehingga manfaat benalu kopi ini tidak menjadi hal yang sia-sia saat diproses. Cara mengkonsumsi tumbuhan benalu kopi ini biasa dijadikan teh yang memang obat terbaik dan mudah dibuat siapa saja dirumah. Banyak obat herbal yang berupa teh karena kebanyakan orang akan memilih meminum obat herbal daripada harus berurusan dengan kapsul dan sebagainya. Berikut ulasannya.

–      langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengeringkan daun benalu sekitar 200gr.

–      kemudian bersihkan dengan air mengalir sampai bersih.

–      setelah itu masukkan kedalam mangkuk yang sudah diberi air panas dengan suhu 90°C sebanyak 1-2 gelas

–      biarkan sekitar 15 menit agar tercampur sempurna.

–      selanjutnya saring air kedalam gelas dan bisa diminum langsung.

Pamanfaatan benalu kopi untuk obat herbal ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Apabila ingin mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang, akan lebih baik untuk membuat persediaan dan juga meminta anjuran dokter. Hal ini untuk bisa mengawasi perkembangan penyakit yang dialami sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan bisa diatasi dengan cepat. Tidak hanya itu saja, untuk menghindari terjadinya efek samping lebih baik mengkonsumsi obat herbal dari tanaman benalu ini sesuai dosis. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa aturan pakai dari pemakaian obat ini bisa dikonsultasikan langsung keahli pengobatan herbal atau dokter.

Jadi bagi yang merasa memiliki banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan benalu kopi, maka penjelasan ini bisa dijadikan salah satu referensi untuk anda. Semakin banyak anda mengetahui manfaat benalu kopi, maka semakin banyak pula referensi yang bisa dijadikan acuan untuk melakukan langkah selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu obat alternative untuk mengobati penyakit yang mematikan pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *