Manfaat Dan Cara Membuat Lulur Kopi

Kopi tak hanya bisa di seduh saja, dinikmati menjadi secangkir kopi yang nikmat. Tapi kopi ternyata memiliki manfaat yang lain yaitu bisa digunakan untuk luluran. Saat ini banyak klinik kecantikan, spa atau produk kosmetik yang membuat lulur dengan bahan dasar kopi. Kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu kulit semakin halus. Anda bisa membuat lulur kopi sendiri. proses pembuatannya juga mudah dan tidak butuh alat yang sulit. Untuk lebih jelasnya kita bahas manfaat dan cara membuat lulur kopi yang mudah.

Manfaat Lulur Kopi

Sebelum membahas tentang proses pembuatan lulur kopi, sebaiknya anda ketahui apa saja manfaat dari lulur kopi itu sendiri. inilah manfaat dari lulur kopi yang harus anda ketahui.

  • Antioksidan

Kandungan utama yang ada di dalam kopi adalah kafein. Kafein merupakan senyawa antioksidan alami. oleh karena kopi mengandung antioksidan yang tinggi. Pada kulit antioksidan, akan menangkal radikal bebas. Sehingga kulit akan lebih sehat dan mencegah penuaan dini. Tak hanya itu saja, akan membuat kulit lebih cerah dan halus alami.

  • Aromaterapi

Aroma yang dikeluarkan oleh kopi, ternyata bisa dijadikan aromaterapi alami. pada saat kita menghirup kopi, akan membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Selain itu akan digunakan sebagai anti depresi. Jadi buat anda yang sering merasa stres dengan pekerjaan, cobalah untuk rutin memakai lulur kopi setiap harinya. Ini akan membantu menenangkan pikiran anda dan membuat syaraf lebih rileks.

  • Melancarkan aliran darah

Jika sudah mengetahui cara membuat lulur kopi yang benar, akan memudahkan anda untuk memanfaatkan penggunaan lulurnya. Memakai lulur kopi, ternyata bisa membantu untuk melancarkan aliran darah anda. kandungan kafein pada kopi, akan meningkatkan aliran darah dan bisa membantu menghilangkan selulit pada kulit anda.

  • Exfoliation

Exfaliation adalah pengelupasan kulit. Tekstur kopi yang agak kasar, akan membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit anda. sehingga kulit akan tampak lebih cerah, segar dan muda.

Masih banyak sekali manfaat lulur kopi yang bisa anda dapatkan. Penggunaan secara rutin, bisa membantu kulit lebih bersih, sehat, putih dan cerah. Semua kotoran akan hilang. Walaupun saat ini banyak sekali lulur instan yang sudah dijual di pasaran. Anda juga bisa membuat lulur kopi sendiri di rumah. Inilah beberapa cara membuat lulur kopi yang mudah dengan tambahan campuran bahan lain yang bermanfaat.

Cara Membuat Lulur Kopi Dengan Bahan Lain

Anda bisa memakai bubuk kopi untuk lulur badan langsung. Tapi jika menginginkan hasil yang lebih sempurna, campurkan bubuk kopi dengan bahan lain yang alami. seperti gula, minyak esensial, jeruk nipis, susu, madu dan lainnya. ini akan membantu manfaatnya semakin terasa. Inilah beberapa bahan yang bisa anda gunakan.

Lulur Kopi, Minyak Esensial Dan Gula

Perpaduan ketiga bahan tersebut bisa membuat kulit anda lebih putih dan menghilangkan warna kulit yang tidak merata. Selain itu bisa mengangkat sel kulit mati. Campurkan enam sendok bubuk kopi, setengah cangkir gula, 8 sendok minyak pohon teh, 4 sendok minyak zaitun, dan 8 sendok minyak almond. Untuk minyak esensialnya, anda bisa memakai minyak esensial lainnya yang anda butuhkan. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu. Aduk sampai rata. Lalu oleskan secara merata pada tubuh anda. lakukan sedikit pemijatan dan diamkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih.

Lulur Kopi Dan Garam

Selain memakai gula pasir. Anda juga bisa memakai garam sebagai scrub alami. campurkan kedua bahan ini bisa digunakan untuk masker wajah dan bisa membuat komedo hilang, jerawat kering dan kulit lebih halus. Campurkan 4 sendok bubuk kopi dan 2 sendok garam. Campurkan sampai rata. Tambahkan sedikit air, buat agak kental. Lalu oleskan pada tubuh dan wajah anda sampai merata. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Lulur Kopi, Madu Dan Susu

Khasiat madu memang sudah tidak terbantahkan lagi. madu memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kulit anda. bisa membuat kulit lebih halus. Jerawat hilang, menghilangkan komedo dan masih banyak lainnya. apalagi ditambah dengan susu dan bubuk kopi, khasiat lulur ini akan semakin bagus. campurkan 4 sendok bubuk kopi, dengan dua sendok madu dan susu cair. Larutkan bahan sampai bentuknya agak kental. Lalu oleskan pada seluruh tubuh dan wajah anda sampai merata, diamkan selama 20-30 menit, bilas sampai bersih dengan air hangat.

Lulur Kopi Dan Rempah

Cara membuat lulur kopi selanjutnya dicampurkan dengan rempah-rempah. Ada banyak sekali jenis rempah-rempah yang bisa anda gunakan. Tinggal sesuaikan dengan jenis kulit dan masalah yang ada pada kulit anda. bisa menggunakan jahe, pala, minyak almond, kayu manis dan lainnya. campurkan bubuk kopi dengan jenis rempah-rempah yang anda butuhkan. Lalu buat kental dengan memakai minyak almond. Jika semua bahan sudah tercampur rata, oleskan pada tubuh anda. gosokan perlahan, supaya kulit mati dan kotoran ikut terangkat. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan.

Lulur Kopi Dan Bengkoang

Bengkoang sudah terbukti ampuh untuk menjaga kecantikan kulit tubuh. Ini bisa dilihat dari banyaknya bahan kosmetik yang memakai bahan dasar bengkoang. Bahkan ada lulur yang memakai bahan dasar bengkoang. Bengkoang sering digunakan untuk memutihkan kulit. Jika bengkong dicampurkan dengan lulur kopi, akan membuat kulit semakin bersih dan putih. Untuk membuatnya anda harus mengambil tepung bengkoang terlebih dahulu. parut bengkong sampai halus kemudian peras airnya. Diamkan air bengkoang sampai keluar endapan. Endapan bengkoang inilah yang dicampurkan dengan bubuk kopi. Campurkan sampai rata, lalu oleskan sampai merata pada kulit anda. diamkan selama 20 menit bilas sampai bersih.

Lulur Kopi Dan Putih Telur

Campurkan bubuk kopi dengan putih telur, bisa membuat kulit anda semakin putih, bersih, cerah dan bebas dari noda hitam. Putih telur mengandung nutrisi yang tinggi dan kopi mengandung antioksidan. Ketika dicampurkan menjadi lulur, akan memberikan manfaat yang banyak sekali. Pada saat pencampurannya tak perlu dtambah air. campurkan putih telur dan bubuk kopi sampai mengental. lalu oleskan secara merata pada seluruh tubuh anda. bisa juga digunakan sebagai masker wajah alami. diamkan selama 25 menit, bilas sampai bersih dengan air hangat.

Lulur Kopi Dan Baby Oil

Baby oil biasa digunakan untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Ketika baby oil dicampurkan dengan bubuk kopi bisa membantu merawat kulit anda. campuran kedua bahan ini bisa membuat kulit lebih lembab dan halus. Anda tinggal mengambil 4 sendok bubuk kopi, lalu campurkan baby oil secukupnya. Sampai bentuk bubuknya menjadi agak kental dan bisa digunakan sebagai lulur alami. oleskan secara merata pada seluruh tubuh. Diamkan selama 20 menit dan mandilah sampai bersih. Cara membuat lulur kopi ini sangat mudah dan tidak butuh waktu lama.

Lulur Kopi Dan Yogurt

Anda bisa memakai yogurt untuk mencampurkan bubuk kopi menjadi lulur. Gunakan yogurt yang alami dan belum dicampur dengan bahan lainnya. campurkan kedua bahan sampai rata. Oleskan lulur ini ke tubuh anda. lakukan pemijatan sebentar, supaya nutrisi di dalam yogurt masuk sempurna ke dalam tubuh. Lalu diamkan sampai 20 menit dan agak mengering. Mandilah sampai bersih dengan air hangat.

Lulur Kopi Dan Jeruk Nipis

Jika anda ingin menghilangkan jerawat di wajah, cobalah memakai masker lulur kopi yang dicampur dengan jeruk nipis. Kandungan vitamin c pada jeruk nipis bisa membuat jerawat anda cepat kering. Sedangkan antioksidan pada kopi bisa membuat kulit lebih sehat dan halus. Campurkan kedua bahan sampai merata, lalu oleskan merata pada wajah anda. diamkan selama 20 menit dan bilas sampai bersih.

Sebenarnya masih banyak bahan yang bisa anda gunakan untuk campurkan lulur kopi. Bubuk kopinya bisa anda buat sendiri. tinggal tumbuk secara manual atau memakai alat. Anda juga bisa membeli bubuk kopi asli yang ada di pasaran. Sekarang anda sudah tahu, kalau bubuk kopi tidak hanya bermanfaat untuk seduh minuman saja. tetapi juga bisa digunakan untuk luluran dan mempercantikan penampilan anda. itulah informasi tentang manfaat dan cara membuat lulur kopi yang mudah. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *