Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Keindahan Rambut

Secara umum, kopi merupakan jenis minuman yang berasal dari seduhan biji kopi dan menjadi salah satu minuman yang diminati banyak orang di dunia karena memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Di samping itu, kopi juga banyak dijadikan sebagai minuman penambah energi bagi beberapa orang. Meski begitu, kopi juga dikenal sebagai minuman yang kurang baik untuk kesehatan karena kafein tinggi yang dikandungnya memiliki efek samping yang cukup berbahaya dan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun siapa sangka jika kafein yang berbahaya untuk kesehatan ini, justru bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Hal ini sangat perlu diketahui karena masih banyak orang yang tidak tahu akan berbagai manfaat kopi untuk rambut. Untuk itulah, ulasan ini disajikan untuk anda.

Memiliki rambut yang sehat dan indah tentu menjadi dambaan setiap orang, khususnya untuk kaum wanita di mana rambut merupakan mahkota keindahan wanita yang harus dijaga kesehatan dan keindahannya. Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, salah satunya adalah menggunakan kopi. Selain memiliki kafein yang tinggi, kopi juga mengandung antioksidan yang sebenarnya bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit jika dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang tepat. Di samping itu, kedua kandungan ini juga sangat bagus untuk memelihara kesehatan dan keindahan rambut. Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan dan keindahan rambut.

  1. Memperkuat Dan Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok pada dasarnya menjadi salah satu masalah rambut yang hampir dialami oleh setiap orang. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Di samping karena kesehatan rambut yang kurang, faktor stres juga bisa menjadi pemicu dari rontoknya rambut. Masalah kerontokan rambut ini tentu harus segara diatasi sebelum berakibat hingga menimbulkan masalah kebotakan. Mungkin perawatan rambut di salon bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Namun cara efektif lain yang jauh lebih terjangkau tentu bisa menjadi alternatif yaitu menggunakan kopi.

Kandungan yang dimiliki kopi seperti kafein dan antioksidan memang dapat membantu memperkuat rambut dari akar dan batangnya sehingga rambut akan lebih sehat, kuat dan jauh dari masalah kerontokan. Untuk itu, salah satu manfaat kopi untuk rambut adalah memperkuat dan mengatasi masalah rambut rontok.

Dan untuk mengaplikasikan manfaat kopi untuk rambut sebagai solusi kerontokan, bisa dilakukan dengan cara membuat masker rambut dari bubuk kopi. Pertama, siapkan beberapa bahan seperti bubuk kopi, air hangat, susu, pengaduk dan sebuah mangkuk. Kemudian, seduh bubuk kopi di dalam mangkuk dengan sedikit air hangat hingga larut. Tambahkan susu lalu aduk rata sampai mengental. Setelah masker kopi siap, oleskan masker ke seluruh bagian rambut lalu tutup dengan tudung kepala dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih menggunakan air.

  1. Mengatasi Masalah Ketombe

Khasiat kopi untuk rambut yang berikutnya adalah mengatasi masalah ketombe. Selain rambut rontok, masalah ketombe juga menjadi salah satu masalah rambut yang sering dialami banyak orang. Ketombe ini sering menjadi penyebab krisis percaya diri karena terkadang berjatuhan di baju yang mana hal itu sangat mengganggu penampilan. Ketombe sendiri merupakan kotoran pada kulit kepala yang bisa menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan bentol. Penyebab munculnya, bisa terjadi karena beberapa hal seperti kulit kepala yang memang tidak sehat, kotoran atau busa shampo yang masih tertinggal atau juga bisa dikarenakan oleh penggunaan produk shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala.

Dan untuk mengatasi masalah ketombe ini, kopi juga bisa digunakan sebagai alternatif pembasmi ketombe. Seperti halnya scrub untuk wajah, pada dasarnya ampas kopi memang memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran membersihkan minyak di wajah. Untuk itulah, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe. Untuk cara menggunakannya, ampas kopi bisa diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian kulit kepala sambil dipijat-pijat secara perlahan. Setelah itu, bilas dengan air atau bisa juga dilanjutkan keramas agar ampas tak tertinggal di kulit kepala. Jika cara ini dilakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu, kulit kepala akan segara bersih dari ketombe.

  1. Menjadikan Rambut Lebih Berkilau

Selanjutnya, menjadikan rambut indah berkilau juga merupakan salah satu dari manfaat kopi untuk rambut. Keindahan rambut yang lembut dan berkilau tentu merupakan dambaan setiap wanita karena rambut yang indah berkilau akan memberikan kesan rambut yang sehat sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang wanita. Untuk kopi bisa menjadi salah satu cara alami untuk menjadikan rambut lembut, indah dan berkilau. Untuk penggunaannya, ada 2 cara yang bisa digunakan. Pertama, kopi bubuk sebanyak 1 sendok makan dicampur dengan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan. Setelah itu, aplikasikan dari tengah batang rambut sampai ke ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih.

Pengaplikasian yang kedua bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan kopi ke rambut. Caranya, seduh kopi dengan air hangat hingga larut lalu saring ampas kopi sampai tersisa cairan kopinya saja. Setelah itu, air kopi dimasukkan ke dalam botol semprot yang telah disediakan lalu semprotkan ke seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

  1. Menjadikan Rambut Harum Dan Lebih Lembut

Keindahan lain yang bisa didapatkan dari manfaat kopi untuk rambut adalah rambut yang lembut dan harum. Kopi merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi rambut kering dan kaku dan menjadikannya lebih lembut dan halus. Di samping itu, aroma khas yang dimiliki kopi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat rambut lebih harum dan bebas dari bau. Untuk itu, kopi bisa dijadikan sebagai campuran kondisioner untuk menghasilkan rambut yang halus dan lembut serta harum seperti kopi. Caranya bisa dilakukan dengan mencampurkan bubuk kopi dengan kondisioner yang biasa dipakai lalu diaplikasikan pada rambut seperti halnya memakai kondisioner seperti biasanya.

  1. Baik Untuk Pertumbuhan Rambut

Kemudian manfaat lain yang bisa didapatkan dari kopi untuk rambut adalah kopi dapat merangsang pertumbuhan rambut. Salah satu bentuk keindahan rambut adalah rambut yang tebal dan panjang. Banyak sekali wanita yang menginginkan rambut mereka tebal dan panjang karena hal itu merupakan daya tarik dan menjadi suat kebanggaan tersendiri jika memilikinya. Lain halnya dengan rambut tipis, hal ini justru akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Untuk itu, kopi juga dapat dimanfaatkan untuk menjadikan rambut lebih tebal dan panjang karena kafein yang dimilikinya tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah di bagian kepala yang kemudian dapat merangsang rambut tumbuh dengan baik. Dan dengan manfaat kopi untuk pertumbuhan rambut ini, maka rambut akan menjadi lebih tebal dan panjang seperti yang diinginkan. Untuk cara penggunaannya, kopi bisa dijadikan sebagai masker rambut seperti cara sebelumnya.

  1. Sebagai Pewarna Alami

Selain itu semua, kopi juga masih memiliki manfaat lain yaitu bisa digunakan sebagai pewarna alami untuk rambut. Beberapa orang terkadang memiliki rambut kemerahan dikarenakan beberapa hal seperti akibat paparan sinar matahari atau juga bisa karena penggunaan produk shampo tertentu. Jika anda memiliki masalah seperti ini, kopi dapat dimanfaatkan untuk mewarnai rambut anda menjadi hitam kecokelatan atau cokelat gelap. Warna cokelat gelap tentu merupakan warna rambut yang indah dan kopi bisa digunakan sebagai pewarna alami yang aman dibandingkan penggunaan cat rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya dan bisa merusak rambut. Untuk itu, kopi tentu menjadi salah satu alternatif terbaik. Namun perlu diketahui jika anda memiliki warna rambut cokelat terang, sebaiknya menggunakan kopi sebagai pewarna alami rambut ini dihindari karena warna rambut justru akan tampak buruk.

Dan untuk mengaplikasikan manfaat kopi untuk rambut sebagai pewarna alami, cara yang bisa digunakan adalah melarutkan bubuk kopi dengan air hangat dalam sebuah baskom besar. Pastikan volume air cukup untuk mencelupkan seluruh rambut. Setelah larut, celupkan seluruh rambut ke dalam baskom dan diamkan sebentar. Angkat rambut, tiriskan lalu gulung dan pakai tudung kepala. Setelah sekitar 15 menit, buka dan bilas sampai bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *