Masker Kopi Untuk Jerawat Agar Wajah Bersih Dan Cerah Alami

Kopi selain bisa dinikmati dengan cara diminum, juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat masker kopi untuk jerawat. Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang membuat orang-orang sensitif. Wajah adalah bagian yang sangat penting dan jadi perhatian utama para wanita maupun pria. Biasanya cara yang sering dilakukan untuk merawat kulit wajah adalah dengan pergi ke skin care. Selain mahal, cara ini belum tentu aman karena bahan yang digunakan belum tentu alami.

Sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke skin care, cukup melakukan perawatan wajah di rumah. Cara ini alami dan aman karena terbuat dari bahan alami yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bahan yang bisa kita pakai adalah kopi. Selain bisa dinikmati dalam bentuk minuman, kopi juga bisa digunakan sebagai bahan masker untuk scrub wajah. Kopi mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Wajah Anda pun menjadi glowing dengan bahan alami.

Manfaat Masker Kopi untuk Jerawat

Kopi adalah sejenis biji-bijian yang memiliki kandungan kafein dan dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kesehatan. Kafein dalam kopi selain dapat menghilangkan rasa kantuk, juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Selain kandungan kafein, kopi juga mengandung asam organik, potassium, mineral, zat besi, dan magnesium yang berfungsi untuk merawat kulit.

Kopi mempunyai banyak manfaat. Manfaat itu di antaranya selain untuk menemani begadang ketika banyak tugas menumpuk, juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah serangan jantung dan stroke, serta dapat meningkatkan stamina tubuh. Kopi mengandung senyawa polifenol dan flavonoid yang bagus bagi tubuh.

Kopi bisa dinikmati dalam bentuk minuman. Saat ini, kopi bukan hanya untuk pelepas dahaga, tapi juga telah menjadi gaya hidup masyarakat. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya coffee shop atau kafe di kota-kota besar. Seiring berjalannya waktu, manfaat kopi pun berkembang menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan kulit atau untuk kecantikan.

Kopi dapat dibuat sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat. Masker kopi ini selain dapat menghilangkan jerawat juga mempunyai manfaat lain untuk wajah, diantaranya, mengecilkan pori, mengatasi komedo, mengontrol minyak berlebih, dan mencerahkan kulit wajah. Kafein yang terkandung dalam kopi murni dapat mencerahkan kulit wajah. Kafein dapat memberikan perlindungan terhadap serangan bakteri, jamur, dan virus yang dapat membuat kulit kusam.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak manfaat lain dari kopi, seperti 1) menghaluskan wajah. Masker kopi mengandung scrub yang sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah menjadi halus dan cerah. 2) Meminimalkan resiko kanker kulit. Antioksidan pada kopi dapat meminimalisir resiko kanker kulit. Kopi dapat memberikan perlindungan pada kulit dengan menghambat enzim protein tertentu yang dapat menyebabkan kanker kulit. 3) Sebagai anti inflamasi. Kandungan kafein pada kopi setara dengan aspirin yang dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit.

Cara Membuat Masker Kopi untuk Jerawat

Cara membuat masker yang terbuat dari bahan kopi sangat mudah. Masker ini juga bisa dicampur dengan bahan lain, seperti putih telur, madu, susu, yogurt, lemon, dan minyak zaitun. Seperti yang sudah dikatakan di atas, zat-zat antioksidan yang terdapat pada kopi dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa masalah pada kulit wajah. Kopi murni direkomendasikan sebagai bahan utama untuk membuat masker agar memberikan hasil yang optimal. Berikut cara membuat masker dari bahan kopi:

  1. Menggunakan butiran kopi. Butiran kopi dapat digunakan untuk scrub wajah agar dapat mengangkat sel kulit mati. Wajah menjadi lebih cerah dan halus. Lebih baik masker kopi penghilang jerawat ini diaplikasikan sebelum mandi. Pastikan butiran kopi bersifat halus serta tidak kasar agar tidak melukai wajah. Cara penggunaannya, oleskan ampas kopi pada wajah secara merata dan pijat lembut. Jangan terlalu keras dalam memijat. Setelah itu, diamkan sebentar kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan dengan sabun pembersih muka.
  2. Menggunakan campuran kopi dan putih telur. Cara penggunaan, bersihkan muka dengan air hangat. Oleskan campuran masker kopi dan putih telur ke wajah secara merata. Pijat lembut, jangan terlalu kasar dalam memijat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai kering. Jika sudah kering, basuh wajah dengan menggunakan air hangat, setelah itu basuh kembali dengan menggunakan air dingin.
  3. Masker kopi untuk jerawat menggunakan bahan campuran kopi dan madu. Madu berguna untuk melembabkan dan menutrisi kulit, baik itu nutrisi vitamin maupun mineral alami, sedangkan kopi bermanfaat sebagai scrub. Campuran madu dan kopi ini cocok untuk kulit kering. Madu dapat mencerahkan kulit, membersihkan kotoran, dan membuat kulit menjadi segar.

Cara membuat bahannya, campur bubuk kopi dan madu hingga menjadi pasta atau cream. Jangan sampai terlalu encer. Lalu, oleskan bahan masker ke wajah sampai merata dan pijat lembut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Bersihkan muka dengan air hangat, setelah itu basuh kembali dengan air dingin. Hal ini bertujuan agar pori-pori kulit menutup setelah dibasuh air hangat.

  1. Menggunakan campuran kopi dan lemon. Kopi berfungsi sebagai scrub, sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membunuh kuman dan mengangkat minyak berlebih yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat maupun komedo. Caranya, bersihkan wajah sampai bersih dengan air. Oleskan bahan campuran kopi dan perasan air lemon ke wajah secara merata, lebih bagus sampai ke leher. Pijat lembut dan jangan terlalu kasar. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.
  2. Menggunakan campuran kopi dan yogurt. Yogurt merupakan salah satu minuman yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Di dalam yogurt terdapat kandungan asam laktat yang dapat mengencangkan kulit, membuat kulit sehat, dan terbebas dari jerawat. Lebih baik menggunakan yogurt yang tawar, bukan yang mempunyai rasa. Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu. Oleskan bahan campuran kopi dan yogurt ke wajah secara merata. Pijat lembut. Diamkan selama 30 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat sampai benar-benar bersih.
  3. Menggunakan campuran kopi dan minyak zaitun. Sudah bukan rahasia lagi bahwa minyak zaitun dapat digunakan untuk merawat kulit. Minyak zaitun berfungsi untuk melembabkan kulit. Cara penggunaannya, oleskan campuran kopi dan minyak zaitun ke wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas wajah menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.
  4. Menggunakan campuran kopi dan susu. Susu mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kulit. Susu sangat bagus untuk mencegah penuaan dini, keriput, dan jerawat. Cara penggunaannya, oleskan campuran kopi dan susu tawar ke wajah secara merata. Kalau bisa, campurannya jangan sampai terlalu encer untuk hasil yang optimal. Jika sudah dioleskan ke wajah, diamkan sekitar 30 menit. Bilas wajah menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.

Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan masker kopi untuk jerawat ini adalah jangan terlalu sering melakukan scrub. Lakukan sekali dalam 1 atau 2 minggu. Butiran kopi yang dipakai untuk bahan masker lebih baik yang halus atau butirannya kecil-kecil agar wajah tidak terluka. Jangan menggosok wajah terlalu keras. Hentikan scrubbing jika terjadi luka atau iritasi.

Kopi yang digunakan untuk membuat masker adalah kopi murni dan hitam. Masker kopi tanpa campuran bahan lain dapat menenangkan kulit dan memberi efek rileks pada kulit. Jadi, jika wajah Anda terkena peradangan atau inflamasi, bisa menggunakan masker kopi ini. Cara ini bisa dilakukan di rumah dan sangat mudah untuk diaplikasikan.

Itulah cara mengatasi jerawat dengan masker kopi. Kopi juga bisa dicampur dengan bahan lain yang dapat menutrisi kulit, sehingga hasilnya akan lebih optimal. Masker kopi dengan bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping. Justru cara ini sangat mudah dan aman untuk diaplikasikan ke wajah anda daripada pergi ke skin care yang mahal dan belum tentu aman. Masker kopi untuk jerawat dapat membuat wajah Anda terlihat bersih dan cerah alami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *