Mengenal Kenikmatan Kopi Sumatera, Kopi Terbaik Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Ada banyak sekali jenis kopi yang tumbuh di indonesia. Salah satunya adalah kopi yang berasal dari sumatera. Bagi peminat kopi, pasti tidak asing dengan nama kopi sumatera. Ini. untuk lebih jelasnya kita akan membahas semua tentang kopi asli sumatera.

Apa Itu Kopi Sumatera

Seperti namanya kopi ini berasal dari sumatera utara. Memiliki cita rasa yang komplek dan berat. Selain itu teksturnya lebih halus dibandingkan jenis kopi lain di dunia. Proses pengelolaannya bisa memakai cara semi washed atau dry processed. Untuk jenis kopi yang tumbuh di pesisir selatan sumatera, dikenal dengan nama kopi lintong. Untuk yang tumbuh di bagian barat. Dikenal dengan kopi gayo dan masih banyak jenis kopi yang berasal dari sumatera lainnya.

Sebagian kopi yang berkualitas di indonesia memang berasal dari sumatera. Kopinya memiliki kekhasan tersendiri. Bahkan di daerah lampung, satu tahun bisa menghasilkan lebih dari 1,5 ton kopi per hektarnya. Masih banyak kebun kopi di sumatera. Sehingga setiap tahunnya selalu dihasilkan kopi yang banyak.

Asal Mula Kopi Sumatera

Kopi sumatera tidak hanya dikenal oleh masyarakat indonesia saja. Bahkan ke popularan kopi ini sampai ke penikmat kopi di luar negeri. Bahkan di amerika serikat, kopi dari sumatera ini laris manis. Asal mula kopi sumatera ini sudah ditanam sejak zaman dulu. Dikembangkan oleh petani lokal, sehingga menghasilkan kopi yang berkualitas dengan tekstur yang enak. Ada kopi lampung, kopi sidakalang, kopi aceh, kopi gayo dan masih banyak lainnya.

Manfaat Kopi Sumatera

Ternyata konsumsi kopi juga memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk mengatasi rasa kantuk saja. Berikut ini manfaat kopi sumatera yang harus anda ketahui:

      Bisa meningkatkan memori

Kafein yang ada di kopi ternyata bisa meningkatkan memory. Penyakit alzheimer dan dementia merupakan penyakit yang berhubungan dengan memory. Menurut sebuah penelitian, dengan konsumsi dua gelas kopi setiap harinya. Dapat membantu ingatan lebih lama. Sehingga bisa mencegah terkena penyakit alzaimer atau dementia.

      Mencegah Kanker

Konsumsi kopi setiap harinya, ternyata bisa mencegah terkena penyakit kanker endrometrium. Hal ini dikarenakan kandungan didalam kopi bisa menjaga kandungan hormon estrogen dan insulin didalam tubuh. Selain itu kopi mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga perkembangan sel kanker akan terhambat. Untuk pemilik maag, lebih baik batasi konsumsi kopi.

      Mencegah Penuaan Dini

Tidak ingin cepat tua dan keriput, cobalah untuk konsumsi kopi sumatera secara rutin. Kopi mengandung antioksidan, sehingga bisa menghilangkan racun didalam tubuh dari radikal bebas. Ini akan membuat sel beregenerasi dengan baik. Akhirnya keriput hilang dan penuaan dini tidak terjadi. Kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

      Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jika anda ingin menurunkan berat badan dan membakar lemak, konsumsi kopi bisa membantu. Supaya pembakaran lemak efektif, anda harus meningkatkan sistem metabolisme terlebih dahulu. Olahraga termasuk cara untuk meningkatkan sistem metabolisme. Tetapi konsumsi kopi juga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Kandungan kafein didalam kopi ternyata bisa meningkatkan metabolisme, sehingga lemak cepat terbakar.

Jenis-Jenis Kopi Sumatera

Setelah mempelajari tentang apa itu, asal usul dan manfaat dari kopi asal sumatera ini. Kita akan membahas lebih jauh tentang jenis kopi sumatera yang banyak sekali. Berikut ini penjelasannya.

      Kopi Lintong

Kopi lintong pertama kali masuk ke sumatera pada tahun 1988, dibawah oleh kolonial belanda. Pertama kali ditanam di daerah bukit barisan yang dekat dengan danau toba. Selain itu juga ditanam di daerah kecamatan linting nihuta. Inilah alasan kenapa diberi nama kopi lintong. Memiliki aroma yang khas dan rasa yang kuat.

Tumbuhnya di daerah kabupaten humbang hasundutan. Lebih tepatnya berasa di kecamatan lintong nihuta dengan ketinggian 1400-1450 mdpl. Ada di danau toba dan kecamatan dolok sanggul dengan ketinggian 1450-1600 mdpl. Ciri-ciri dari kopi lintong antara lain memiliki rasa seperti dark chocolate, aciditynya rendah, bentuknya lebih tebal dan herbal. Proses pengelolaannya dengan cara giling basah.

      Kopi Gayo

Kopi gayo berasal dari dataran tinggi aceh sumatera. Wilayah ini terkenal sebagai kota penghasil kopi berkualitas, Sebagian besar jenis kopi yang diproduksi adalah jenis kopi arabika. Sudah banyak penghargaan yang didapatkan oleh kopi gayo. Ada sertifikat fair trade, indonesia specialty coffe dan masih banyak lainnya. Wilayah tumbuh kopi gayo di sekitar daerah takengon, aceh tengah, gayo lues, dan bener meriah. Ketinggiannya sekitar 1200-1700 mdpl. Untuk pecinta kopi, wajib mengunjungi daerah ini untuk menemukan kopi terbaik di indonesia.

Ciri dari kopi sumatera ini memiliki rasa yang sangat kompleks. Semua rasa, aroma dan tekstur dari kopi gayo sangat sempurna. Tidak ada yang dominan satu sama lainnya. Sehingga memiliki rasa yang benar-benar enak. Bahkan after tasternya cukup panjang. Aromanya sangat enak, aciditynya seimbang dan bodynya juga sedang. Proses pengelolaannya dengan honey, washed process atau natural. Anda wajib untuk menikmati kopi paling enak di indonesia ini.

      Kopi Sidakalang

Kopi sidakalang tumbuh di daerah sumatera utara. Memiliki rasa dan aroma yang khas. Daerah ini berada di pegunungan, membuat pohon kopi bisa tumbuh dengan subur. Lokasinya dekat dengan bukit barisan. Memiliki ketinggian sekitar 1300-145- mdpl. Kadar bitterness dari kopi sidakalang cukup instens dan tinggi. Sehingga agak pahit rasanya. Proses pengelolaan dengan cara giling basah.

      Kopi Minang Solok

Dulu kopi minang solok tidak begitu terkenal. Masih sedikit orang yang tahu. Tetapi 2 tahun yang lalu, kopi ini semakin popular dan menjadi pilihan kopi terbaik dari sumatera. Berasal dari daerah dataran tinggi solok. Tempat tumbuhnya dekat dengan gunung talang yang memiliki ketinggian 1200-1600 mdpl. Dibandingkan jenis kopi lainnya, kopi minang solok memiliki rasa yang lebih ringan. Rasanya seperti ada rasa buah-buahan. Rasanya hampir mirip dengan kopi afrika. Jika anda tidak suka kopi pahit, kopi minang solok bisa menjadi pilihan yang tepat. Proses pengelolaannya dengan cara honey, washed dan natural.

      Kopi Tanah Karo

Kopi tanah karo sudah popular sejak tahun 1900an. Pada waktu itu tentara belanda, membawa kopi ini ke eropa. Sehingga makin banyak orang yang suka dengan kopi tanah karo ini. Salah satu kopi sumatera ini memiliki rasa yang unik. Sebagian besar kopi yang ditanam di tanah karo jenis arabika. Lokasi penanamannya sekitar kabanjahe, berastagi dan lereng gunung sinabung. Ketinggian sekitar 1275 -1300 mdpl. Rasa kopi karo sedikit ada rasa jeruknya. Jadi seperti ada rasa asam-asam jeruk. Untuk proses pengolahannya dengan cara giling basah.

      Kopi Bengkulu

Kopi bengkulu tentunya berasal dari bengkulu. Sebagian besar kopi yang ditanam disini adalah jenis kopi robusta. Di tanam sekitar gunung kaba yang memiliki ketinggian berkisar 800-1400 mdpl. Rasa dari kopi bengkulu bervariasi. Ada yang rasanya seperti buah-buahan, ada yang rasa kakao dan bahkan ada yang rasa rempah-rempah. Untuk proses pengolahannya dengan fully washed atau semi washed.

      Kopi Kerinci

Daerah kerinci menghasilkan kopi robusta. Ada beberapa tempat yang menghasilkan kopi arabika. Bahkan pada tahun 2014, ada beberapa tempat yang mulai memproduksi kopi liberica. Banyak ditanam dilereng gubung kerinci. Dengan ketinggian 500-1500 mdpl. Daerah ini kandungan organiknya sangat tinggi. Sehingga bisa menghasilkan kopi yang berkualitas. Selain di lereng gunung kerinci, juga ditanam di daerah batu ampar, gunung tujuh, solok selatan dan sungai penuh. Rasanya seperti campuran antara gerbal dan cinnamon. Kaya dengan rempah-rempah. Proses pengolahan dengan full wash atau giling basah.

      Kopi Lampung

Jenis kopi selanjutnya adalah kopi lampung. Jenis ini memang sangat terkenal. Bahkan banyak perusahaan produksi kopi yang memiliki perkebunan didaerah sini. Sebagian besar kopinya adalah kopi robusta. Tempat penanamannya ada di lampung tengah, lampung barat dan tanggamus. Memiliki rasa seperti coklat yang komplek dan tinggi. Proses pengolahannya masih natural atau cara tradisional.

Itulah beberapa jenis kopi sumatera yang bisa anda konsumsi. Setiap jenis memiliki rasa, aroma dan tekstur yang berbeda-beda. Jadi pilihan varian kopi yang paling anda sukai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *