Mengenal Lebih Dekat Tentang Kopi Tubruk, Kopi Khas Indonesia

Membahas tentang kopi memang tidak akan pernah ada habisnya. Semakin dikulik, akan semakin menyenangkan dan menemukan banyak hal baru. Mempelajari kopi, seperti membuka kulit bawang merah, akan ada banyak lapisan yang harus di pelajari. Jenis kopi pun ada banyak sekali. Di Indonesia saja, setiap daerah selalu memiliki kopi khas yang enak. Pada saat ditanya, jenis kopi apa yang pertama kali di konsumsi. Mungkin sebagian roang akan menyebutnya kopi hitam atau kopi tubruk. Orang Indonesia sudah mengkonsumsi kopi ini sejak zaman dulu kala.

Perbedaan Kopi Tubruk, Long Black dan Americano

Setiap pagi atau setiap sore hari, para orang tua akan mengkonsumsi kopi sambil bersantai. Mereka belum mengenal kopi espresso, Arabica, robusta dan lainnya. Yang mereka tahu hanya kopi hitam. Ternyata kopi hitam tak sederhana itu, jenis dari kopi hitam ada banyak sekali. Ada yang namanya Americano, long black dan tubruk. Lalu apa perbedaan dari ketiga jenis produk kopi hitam tersebut. Kita akan menjelaskan semuanya disini.

     Kopi Tubruk

Kopi tubruk menjadi kopi hitam yang paling sederhana. Semua pecinta kopi pasti akan tahu tentang jenis kopi tradisional ini. Proses pembuatan kopi ini masih sangat sederhana dan tradisional. Tidak butuh alat seduh kopi yang mahal. Ketika menikmati kopi ini, anda juga akan menikmati ampasnya. Jadi di dasar gelas, masih akan ada ampas yang mengendap. Cara penyajiannya, hanya dengan menumbuk biji kopi sesuai selera. Bisa sampai halus atau medium, kemudian diseduh atau di siram dengan air panas yang masih mendidih. Beberapa orang suka meminumnya langsung atau dibiarkan mengendap terlebih dahulu. Di nikmati dengan gorengan yang masih hangat. Bisa di bilang jenis kopi ini, menjadi jenis kopi yang paling sederhana.

     Kopi Americano

Anda pasti tidak asing dengan yang namanya kopi Americano. Jenis kopi hitam ini pertama kali dikenal oleh orang amerika. Hampir semua coffe shop pasti menyediakan menu kopi Americano ini. Walaupun sama-sama jenis kopi hitam, tapi cara penyajiannya berbeda. Proses penyajiannya memakai mesin espresso. Mesin espresso di panaskan terlebih dahulu, lalu ditambahkan dengan air panas. Kopi Americano ini tidak menghasilkan ampas sama sekali di gelasnya. Karena ampas atau krema hancur pada saat di siram air panas. Untuk rasanya tergantung dengan jenis biji kopi yang digunakan.yang jelas kopi hitam terkenal dengan rasanya yang pahit.

     Kopi Jenis Long Black

Yang membedakan antara kopi long black dengan jenis kopi hitam lainnya, pada cara penyajian dan hasil akhirnya. Kopi hitam long black ini, berasal dari selandia baru dan Australia. Proses penyajiannya menggabungkan air panas dan mesin espresso. Rasio perbandingannya bisa di sesuaikan dengan selera. Jenis long black ini,ciri khasnya memiliki krema yang banyak di permukaan kopi. Karena anda harus menuangkan air panas terlebih dahulu, sehingga krema akan tetap utuh berada di permukaan kopi. Dan inilah yang membedakan jenis kopi ini dengan kopi hitam yang lainnya.

Anda sudah memahami apa saja perbedaan dari kopi hitam, jenis Americano, long black dan kopi tubruk. Yang paling mudah anda temukan, tentunya jenis tubruk. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tanpa perlu mesin espresoo yang mahal. Ketika datang ke desa atau mungkin rumah anda sendiri, masih banyak warga yang menyediakan minuman ini. Di warung kopi tradisional pun banyak yang menjualnya. Dengan harga yang terjangkau. Lalu bagaimana cara membuat kopi jenis tubruk ini.

Cara Membuat Kopi Tubruk

Cara membuat kopi tubruk memang sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Supaya hasil kopinya semakin enak dan nikmat. Menyeduh kopi itu seperti membuat maha karya. Setiap tangan menghasilkan rasa kopi yang berbeda, walaupun memakai jenis kopi yang sama. Perbandingan air, kopi dan gula pun harus tepat. Inilah tips yang harus anda perhatikan, supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

     Air Seduhan

Dalam satu cangkir kopi tradisional ini, 90 persennya berisi air. Oleh karena itu anda harus memberikan suhu air yang tepat, sehingga rasanya kopi akan semakin nikmat. Banyak yang bilang, memakai air mineral dan air rebusan sendiri bisa menghasilkan aroma kopi yang berbeda. Banyak barista yang bilang, memakai air mineral bisa mengeluarkan karakter kopi lebih bagus dibandingkan air rebusan sendiri. Tapi hal ini juga disesuaikan dengan selera anda sendiri. Yang penting air tersebut masih segar, berwarna jernih dan tidak mengeluarkan bau sama sekali. Panaskan air sampai suhu 90 derajat celcius. Kalau anda tidak punya pengukur suhu. Didihkan air sampai benar-benar mendidih, lalu diamkan selama 2 menitan.

     Jenis Kopi Yang Di Seduh

Jenis kopi sangatlah banyak sekali. Di Indonesia ada yang namanya kopi gayo, kopi Sumatra, kopi Sumbawa, kopi kintamani dan masih banyak lainnya. Anda bisa memakai jenis biji kopi apapun untuk membuat kopi tubruk. Tinggal sesuaikan dengan selera anda. Pilihlah biji kopi yang masih segar, yang baru saja di sangrai. Jangan gunakan biji kopi yang sudah di sangrai lebih dari 2 bulan. Lalu giling kopi sendiri. Anda bisa giling sampai halus atau medium. Jika biji kopinya masih segar, akan membuat aroma kopi lebih nikmat dan enak.

     Alat Seduh

Untuk membuat kopi ini, anda tak perlu alat seduh yang rumit. Anda hanya butuh panci, teko dan sendok saja. Tak perlu mesin penyeduh kopi yang rumit. Untuk menggilingnya, anda bisa memakai alat giling atau menggiling secara manual. Semua alat seduhnya bisa anda temukan di rumah. Dengan harga yang murah meriah.

Javanese Kopi Tubruk, Javanese Arabica coffee without separating the coffee residue. Roemahkoe Heritage Hotel breakfast, Surakarta, Central Java, Indonesia.

     Rasio Air Dan Kopi

Untuk membuat kopi tubruk yang enak, anda harus memperhatikan rasio air dan kopinya. Sebenarnya rasio ini bisa disesuaikan dengan selera. Anda ingin kopi yang kental atau agak cair. Kalau kental rasio kopinya lebih banyak dibandingkan air. Tapi kalau kopi terlalu encer, bisa menghilangkan karakter dan rasa dari kopi itu sendiri. Oleh karena itu anda harus membuat dengan perbandingan yang tepat. Perbandingannya bisa memakai 1:15. Misalkan anda memiliki 20 gram kopi, maka memakai air 300 ml. dengan perbandingan ini, akan membuat kopi semakin enak dan nikmat.

     Waktu Penyeduhan

Waktu penyeduhan menjadi hal yang sangat penting. Ini akan mempengaruhi rasa dan aroma kopinya. Untuk jenis ini, membutuhkan waktu penyeduhan sekitar 4 menit. Pertama anda harus membasahi kopi dengan sedikit air panas selama 30 menit. Kemudian baru di siram air panas lagi sedikit demi sedikit. Sambil kekentalan kopi sudah pas.

Bagaimana mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus memakai bahan yang rumit. Bisa di buat sendiri di pagi hari setelah bangun tidur. Menikmati kopi tubruk pasti akan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *