Mengenal Lebih Jauh Tentang Kopi mandheling

Kopi mandheling merupakan kopi jenis arabika yang berasal dari daerah mandailing sumatera utara. Jenis ini termasuk jenis kopi sumatera yang enak dan popular. Ditanam di daerah bukit barisan sumatera utara yang memiliki udara sejuk. Sehingga bisa menghasilkan kopi yang enak dan berkualitas bagus. Kekentalan dan cita rasa kopi ini sangat unik. Inilah yang membuat banyak orang suka mengkonsumsinya. Mari Kita mengenal Lebih jauh tentang kopi sumatera ini.

Sejarah Kopi mandheling

Pertama kali masuk ke indonesia pada tahun 1833 dibawah oleh kolonial belanda. Di bawa oleh sebuah perusahaan miliki raja wilem 1. Dia melakukan proses pembibitan kopi didaerah penyabungan selatan, tano bato dan mandailing natal. Warga indonesia harus melakukan tanam paksa. Sampai akhirnya pada tahun 1848 ada 2,8 juta pohon kopi yang tumbuh di daerah mandailing. Setiap tahunnya bisa menghasilkan 9,3 ton biji kopi. Semua kopi di angkut lewat pelabuhan natal dan dibawah ke daratan eropa. Sejak saat itulah kopi di indonesia semakin berkembang. Banyak daerah yang mulai membudidayakan kopi.

Proses Pengolahan Kopi mandheling

Untuk menghasilkan kopi berkualitas, kopi harus diolah dengan baik. Setiap jenis kopi di olah dengan cara yang berbeda-beda. Proses pengolahan kopi sendiri ada banyak sekali. Kopi memiliki kulit yang harus dikelupas terlebih dahulu, sebelum melalui proses penggilingan. Lalu harus menghilangkan getah, kulit luar dan masih banyak lainnya. Proses pengolahan kopi membutuhkan waktu yang lama. Untuk kopi mandheling diolah dengan giling basah. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis pengolahan kopi yang popular.

      Washed Process

Washed process dikenal dengan wet proces atau proses pengolahan basah. Proses ini digunakan untuk menghilangkan kulit biji kopi, sebelum masuk proses pengeringan. Buah kopi yang sudah dipanen akan direndam di dalam air, untuk diseleksi biji kopi mana yang berkualitas. Kopi yang mengapung akan dibuang karena tidak berkualitas. Yang tenggelam akan melalui proses selanjutnya.

Selanjutnya kulit daging dan kulit luar biji kopi akan dibuang dengan mesin pengelupas. Kopi yang sudah dibuang kulitnya akan direndam lagi, supaya sisa kulit yang menempel hilang. Proses fermentasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Membutuhkan waktu sekitar 24 sampai 36 jam. Hal ini terpengaruh dengan ketebalan layer, temperatur, konsentrat enzim dan lainnya. suhu juga mempengaruhi proses fermentasi. Semakin hangat akan semakin cepat proses fermentasinya. Kopi yang diolah dengan cara washed process akan lebih terang, bersih, rasa buahnya rendah, lebih lembut, body lebih ringan, dan tingkat keasaman lebih tinggi.

      Natural Process

Natural process dikenal dengan dry process. Proses pengolahan ini merupakan proses yang paling tua. Dulu semua petani kopi memakai teknik ini. Bahkan masih banyak kopi mandheling yang memakai teknik natural ini. setelah proses pemanenan, kopi akan langsung di jemur dibawah sinar matahari langsung. Pada saat proses penjemuran, biji kopi harus dibolak balik supaya keringnya merata. Jika biji kopi tidak kering merata akan membuat biji kopi mudah berjamur. Pada saat proses penjemuran ini, biji kopi akan mengalami proses fermentasi secara alami. Sehingga kulit dagingnya akan terkelupas.

Kopi yang diproses dengan teknik ini, akan menghasilkan rasa kopi yang ada rasa buah-buahan. Seperti ada rasa strawberry, bluebberry dan rasa buah tropis lainnya. Tingkat keasamannya lebih rendah, body lebih tinggi dan rasa lebih eksotis. Proses ini membutuhkan waktu lebih lama tetapi lebih hemat biaya produksi,

      Hybrid Process

Hybrid process dibagi menjadi beberapa bagian. Ada pulped natural process, honey process, dan semi washed. Untuk pulped natural process banyak digunakan oleh petani kopi di brazil. Setelah proses pemanenan, biji kopi akan dikupas dengan menggunakan mesin. Kulit daging akan hilang. Selanjutnya biji kopi yang sudah terkelupas akan dijemur sampai kering. Daging buah yang dijemur akan membuat body kopi dan sweetness akan lebih bagus.

Untuk honey process, proses pengolahannya hampir sama dengan pulped natural. Teknik ini banyak digunakan di negara el salvador dan costa rica. Biji kopi akan dikupas memakai mesin khusus. Pada saat proses pengelupasannya, proses ini membutuhkan lebih banyak air dibandingkan pulped natural process. Bahkan anda bisa menentukan, seberapa tebal daging buah yang masih tertinggal di biji. Menurut bahasa spanyol. Daging buah kopi dinamakan honey atau miel. Sehingga teknik ini dinamakan honey process. Yang berarti masih meninggalkan daging buah di biji kopinya.

Untuk proses semi washed banyak digunakan oleh petani kopi di indonesia. Teknik ini lebih dikenal dengan giling basah. Dalam proses semi washed terjadi dua kali pengeringan. Setelah dipanen, kulit kopi akan dikupas dengan mesin depulper. Lalu dijemur sebentar. Tak perlu terlalu kering. Cukup sampai 11-12 % saja. sehingga biji kopi akan berwarna agak hijau. Lalu biji yang hijau ini akan dikeringkan lagi sampai kering dan bisa diolah menjadi bubuk kopi. Rasa kopinya akan lebih penuh bodynya, tingkat sweetness lebih intens, tingkat keasaman kopi lebih rendah dan rasanya lebih bervariasi.

Setiap proses pengolahan memiliki hasil variasi yang berbeda-beda. Kopi mandheling ini di indonesia lebih dikenal dengan kopi mandailing. Dinamakan kopi mandailing karena berasal dari daerah mandailing natal sumatera utara. Rasa kopinya sangat unik. Seperti ada rasa buah-buahan tropis dan memiliki body yang full. Buat orang yang suka kopi agak asam, jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat anda.

Manfaat Kopi Mandheling

Banyak orang yang menggunakan kopi untuk membantu tetap terjaga atau booster tubuh di pagi hari. Tapi sebenarnya manfaat kopi ini sangat banyak sekali. Apalagi rasanya kopinya sangat kuat, membuat manfaat ditubuh lebih efektif. Berikut ini manfaat yang harus anda ketahui:

      Kopi bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat anda, kandungan kafein berfungsi sebagai stimulan psikoaktif. Sehingga membuat tubuh lebih energi, kerja otak lebih meningkat dan membuat sistem kognitif lebih tinggi.

      Kopi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kopi membuat sistem metabolisme meningkat. Inilah yang membuat jantung terasa deg-degan setelah konsumsi kopi. Ketika sistem metabolisme meningkat, maka proses pembakaran lemak juga akan semakin cepat. Bahkan pembakaran lemaknya lebih cepat dibandingkan dengan olahraga aerobik.

      Konsumsi kopi secara rutin, akan membantu membersihkan racun didalam tubuh. Ketika minum kopi, anda akan merasa ingin buang air kecil. Hal ini dikarenakan racun didalam tubuh terangsang dan hilang bersama urine. Jadi konsumsi kopi sangat bagus untuk sistem pencernaan anda.

      Tak hanya membersihkan isi perut, tetapi kopi mandheling juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan kulit lebih halus. Kandungan oksigen yang tinggi, akan membantu menghilangkan racun radikal bebas didalam tubuh. Apalagi ditambah kandungan vitamin B5, vitamin B3, vitamin B2, kalium, magnesium dan lainnya. sehingga membuat tubuh lebih sehat.

      Dalam sebuah penelitian, konsumsi kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Konsumsi kopi hitam tanpa gula akan membuat pembakaran lemak lebih cepat, sehingga lemak di pembuluh darah hilang dan membuat resiko penyakit jantung berkurang.

      Ternyata konsumsi kopi juga bisa mencegah kanker. Seperti kanker hati, kanker reproduksi, kanker hati dan berbagai jenis kanker lainnya. kandungan antioksidan yang tinggi, akan mencegah pertumbuhan sel kanker.

      Untuk masalah psikologi, konsumsi kopi dengan takaran yang tepat akan membantu menghilangkan stres dan membuat mood meningkat. Oleh karena itu banyak orang konsumsi kopi ketika lagi depresi.

Walaupun manfaat kopi sangat banyak sekali, anda harus konsumsi kopi dengan takaran yang benar. Perhatikan juga keadaan tubuh anda. Biasanya orang yang memiliki penyakit maag lebih sensitif terhadap kopi. Kafein didalam kopi akan membuat asam lambung meningkat, sehingga maag kumat. Untuk penderita kopi, lebih baik makan dulu sebelum konsumsi kopi atau minum kopi campuran susu atau coklat. Jika tubuh sudah deg-degan dan mood terlalu tinggi, lebih baik batasi konsumsi kopinya. Itulah sedikit informasi tentang kopi mandheling. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *