Menilik Kesegaran Kopi Colombia, Biji Kopi Terbaik Dunia

Minuman kopi merupakan minuman hangat yang sangat popular di kalangan masyarakat. Minuman hangat tersebut berasal dari biji kopi yang beraneka ragam, salah satunya kopi Colombia. Tren minum kopi ini pun menjadi hal yang menjanjikan bagi para pemilik café-café di kota-kota besar. Mereka akan diuntungkan dengan para penikmat kopi yang berbondong-bondong mencari tempat tongkrongan santai untuk ngobrol sambil menikmati segelas kopi. Tak heran apabila tempat ngopi banyak menjamur dan menjadi ladang mata pencaharian.

Kini untuk menikmati segelas kopi pun, kita dapat menikmati pula layanan ekstra lainnya mulai dari free hot spot area, desain café yang unik serta instagramable mengikuti tren yang diminati masyarakat saat ini. Dengan kenyamanan dan inovasi tersebut, masyarakat pun dimudahkan untuk melakukan berbagai aktivitas di tempat ngopi. Mulai dari sekedar ngobrol santai, momen kumpul bareng temen lama, hingga urusan perbincangan bisnis yang dibawa santai ke meja kopi.

Mengenal Lebih Dekat Kopi Colombia

Minum kopi sesungguhnya adalah bagian dari kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Boleh jadi hal ini dapat disebut tren bagi kalangan muda penikmat kopi di café-café ternama di kota besar. Namun sesungguhnya minuman kopi juga bagian dari kebudayaan yang telah mengakar kuat. Coba tengok saja novel karya Andrea Hirata yang berjudul “cinta dalam gelas”. Dalam novel tersebut, dapat diketahui bahwa bagi masyarakat Belitong, minum kopi di warung kopi merupakan suatu keharusan. Bukan hanya sekedar hobi minum kopi, namun lebih dari itu. Biji kopi dan racikan kopi antara buatan rumah dengan yang ada di warung kopi bias saja sama, akan tetapi minum kopi di warung kopi menjadi sebuah keharusan. Bukan hanya sekedar bersantai atau mengisi waktu luang, namun terdapat interaksi yang mengikat masyarakat di dalamnya.

Berbeda dengan masyarakat modern saat ini, terutama penikmat kopi. Berkunjung ke sebuah tempat untuk minum kopi tidak hanya sekedar untuk bersantai atau mengisi waktu luang, akan tetapi juga berkaitan dengan cita rasa yang akan dinikmati. Tak heran apabila terdapat orang yang rela pergi hingga ke pelosok negeri, asal biji kopi diproduksi, untuk berburu cita rasa kopi asli Indonesia. Kenikmatan dari segelas minuman yang berwarna hitam pekat bernama kopi ini, memiliki kekhasan masing-masing tergantung varietas biji kopi yang digunakan. Selain itu juga terdapat berbagai macam racikan minuman kopi yang menjadikan minuman ini kian beragam, tak hanya bentuk serbuk yang diseduh air panas. Tak puas menikmati kopi cita rasa lokal, maka Anda pun dapat mencoba racikan kopi yang berasal dari luar negeri. Salah satu varietas biji kopi yang akan dibahas di sini adalah biji kopi Colombia. Kopi yang berasal dari negara Colombia sesuai dengan namanya.

Colombia merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia. Berdasarkan sejarah yang dimiliki negara ini, kopi mulai ditanam di perkebunan Colombia mulai abad 18. Kondisi alam yang sangat ideal untuk pertumbuhan tanaman kopi menjadikan biji kopi yang berasal dari negara ini terkenal akan kualitasnya. Perkebunan kopi di Colombia berada di sekitar pegunungan sehingga komposisi tanahnya kaya akan humus yang menyuburkan tanaman. Ditambah lagi dengan suhu udara yang cukup sejuk membuat tanaman kopi semakin tumbuh baik di kawasan ini.

Namun tidak hanya itu, mutu kopi Colombia yang terjamin juga merupakan hasil jerih payah para petani kopi yang merawatnya. Petani-petani kopi di Colombia sangat memahami betul hal ini. Mereka tahu bahwa untuk menghasilkan biji kopi terbaik, diperlukan perawatan terbaik mulai dari penanaman, saat panen atau pemetikan hingga pengolahan pasca panen. Tak heran apabila Unesco sekalipun menyatakan bahwa perkebunan kopi di Colombia menjadi salah satu warisan dunia. Kawasan perkebunan kopi yang terkenal antara lain Antioquia, Caldas, Risaralda, Quindío, Tolima, dan Valle del Cauca.

Kopi sebagai komoditas utama ekspor negara Colombia ternyata memiliki beberapa tingkatan. Tingkatan ini menunjukkan tingkatan kualitas kopi tersebut. Tingkatan kopi terbaik atau nomor satu dari jenis kopi Colombia adalah Colombian Supremo. Jenis kopi pada tingkatan ini memiliki kualitas terbaik karena bersifat lembut, beraoma khas, dan memiliki rasa lebih manis. Sedangkan tingkatan kopi kelas kedua adalah Excelso Grade. Excelso grade menempati tingkatan kedua karena kepekatannya lebih ringan daripada kopi tingkatan pertama, selain itu juga memiliki lebih masam. Meskipun demikian, kedua tingkatan jenis kopi ini merupakan varietas yang terbaik di dunia.

Berbicara mengenai kopi mana yang terbaik, tentu setiap orang memiliki perspektif sendiri-sendiri. Apabila Anda penikmat kopi, tak ada salahnya untuk mencoba salah satu varian kopi Colombia ini. Memang sekilas sulit untuk membandingkan berbagai macam kopi terutama yang berasal dari berbagai negara. Pada dasarnya setiap kopi memiliki kehasan masing-masing. Perbedaan lokasi tanam akan menimbulkan pula perbedaan cita rasa kopi, mulai dari tingkat keasaman, kadar kepahitan, hingga aroma. Biji kopi asli Indonesia tentu memiliki cita rasa khas dan merupakan salah satu yang terbaik. Namun tak ada salahnya untuk menambah wawasan cita rasa kopi Anda dengan mencicipi kopi asal Colombia.

Keunikan Cita Rasa Kopi Colombia

Untuk menghasilkan cita rasa kopi yang khas diperlukan racikan kopi yang pas. Seduhan kopi dari biji kopi yang segar dan yang tidak pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Meskipun demikian, perbedaan cita rasa ini tak banyak diketahui banyak orang bahkan oleh pecinta kopi sekalipun. Hal ini dikarenakan perbedaan yang terjadi tak dapat dikenali hanya dengan melihat perbedaan fisik saja akan tetapi perlu dirasakan secara langsung. Untuk membedakan mana biji kopi yang segar ataupun tidak, dapat diketahui berdasarkan umur roastingnya. Untuk mendapatkan biji kopi segar maka diperlukan umur roasting satu hingga tiga minggu saja. Apabila umur roasting biji kopi lebih dari masa itu, maka kesegarannya akan berkurang. Umur roasting satu sampai tiga minggu akan menghasilkan biji kopi yang mulai mengeluarkan minyak. Dari sinilah kesegaran cita rasa kopi itu berasal.

Apabila biji kopi Colombia diroasting selama satu hingga tiga minggu maka akan dihasilkan cita rasa kopi yang segar dan nikmat. Melebihi masa roasting itu maka seduhan kopi yang dihasilkan akan terasa kurang segar. Disinilah letak perbedaan cita rasa kopi Colombia dengan kopi lainnya. Dalam dunia kopi, setidaknya ada dua jenis kopi yang sangat familiar yaitu jenis kopi arabika dan jenis kopi robusta (canephora). Keunggulan kopi arabika yang berasal dari Colombia terletak pada tingkat kepahitan yang lebih rendah daripada kopi lainnya. Jika diukur berdasarkan tingkatan kepahitannya, maka kopi Colombia menempati tingkat kepahitan skala medium. Dengan demikian kopi jenis ini banyak disukai oleh banyak orang. Selain itu, tingkat keasaman kopi ini pun dinilai lebih rendah dari jenis kopi lainnya.

Selain umur roasting, teknik penyeduhan kopi juga akan mempengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Biji kopi Colombia harus diseduh dalam temperature yang pas yaitu tidak terlalu panas namun juga tidak terlalu dingin. Dengan demikian meskipun kopi baru datang, penikmat kopi tetap dapat langsung menyeruput kopi yang dipesannya. Pada saat demikian, penikmat kopi akan disuguhi sensasi kopi yang berbeda, dengan aroma tembakau dan buah serta kadar keasaman rendah yang langsung keluar sejak tegukan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *