Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Amerika Selatan

Kopi adalah salah satu tanaman yang diolah menjadi minuman kopi yang telah dijadikan sebagai minuman tradisional ternikmat jika dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Kopi ini sendiri sangat banyak diminati oleh segala kalangan. Biasanya minuman kopi ini dinikmati pada saat bersantai untuk menemani waktu luang, namun ada juga sebagian yang tetap mengonsumsi kopi di waktu sibuknya atau saat bekerja. Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbanyak yang mana tanamannya tumbuh subur di wilayah Indonesia. Namun ada juga negara lain selain Indonesia yang merupakan negara penghasil kopi terbanyak yaitu Amerika Selatan. Amerika Selatan ini juga memiliki beberapa negara yang menghasilkan kopi dalam jumlah banyak. Hasil riset mengungkapkan bahwa benua Amerika Selatan ini menyumbangkan penjualan kopi terbesar yang ada di dunia. Biji kopi yang dihasilkan juga sangat bervariasi hingga masuk ke dalam pasar internasional. Ulasan pada kali ini akan membahas tentang negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan. Bagi anda yang sudah penasaran dan ingin tahu negara apa saja yang ada di Amerika Selatan yang merupakan penghasil kopi terbanyak.

Negara Brazil

Negara di Amerika Selatan yang menghasilkan kopi terbanyak tersebut adalah negara Brazil. Kurang lebihnya selama 150 tahun lamanya, negara Brazil ini merupakan produsen kopi terbesar yang ada di Amerika Selatan dan bahkan di dunia. Jika dihitung maka sepertiga dari seluruh penjualan serta peredaran kopi yang ada di planet bumi ini adalah dari Brazil. Untuk pertama kalinya tanaman kopi ini diperkenalkan oleh French Guiana sekitar tahun 1727 silam yaitu pada saat negara Brazil masih berada di bawah pemerintahan negara Portugis.

Sama halnya dengan negara Indonesia, negara Brazil ini juga menghasilkan jenis kopi Arabica dan jenis kopi Robusta. Pertanian kopi yang ada di negara Brazil ini sendiri membentang hingga di sepanjang wilayah negaranya tersebut dengan variasi tingkat ketinggian wilayah yaitu tumbuh dari ketinggian 550 meter hingga 1.350 meter. Untuk masa panen sangat panjang yaitu diawali dari bulan Mei hingga bulan September sehingga membuat jumlah pasokan kopi di negara ini menjadi sangat berlimpah. Kopi yang di hasilkan oleh negara Brazil ini memiliki tingkat acidity atau keasaman yang sangat rendah kemudian memiliki cita rasa yang cukup manis dan seringkali juga terdapat rasa coklat serta nutty di dalam kopi tersebut.

Negara Bolivia

Negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan yang kedua adalah negara Bolivia. Informasi yang mengungkapkan bahwa negara ini merupakan negara penghasil kopi memang sangat sedikit. Namun faktanya negara ini merupakan negara yang ada di Amerika Selatan yang menghasilkan kopi dalam jumlah banyak. Tanah yang ada di negara ini sendiri umumnya sangat ideal untuk penanaman kopi. Wilayah tumbuh kopi tersebut meliputi beberapa daerah yang memiliki ketinggian mencapai 155 meter hingga 2.300 meter. Jika di bandingkan dengan negara Brazil yang ada di Amerika Selatan memang hasil kopi yang diberikan oleh negara Bolivia ini tidak lebih banyak. Namun negara ini patut diperhitungkan sebagai negara penghasil kopi yang ada di Amerika Selatan. Kopi dari negara Bolivia ini memiliki rasa yang begitu manis dan juga sangat bersih namun juga jarang terdapat rasa fruity yang menjadi cita rasa khas di dalamnya.

Negara Colombia

Negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan yang ketiga adalah negara Colombia. Menurut sejarah, kopi mulai di bawa ke negara Colombia pada tahun 1723 silam yaitu oleh para misionaris Jesuits. Awalnya peredaran kopi yang ada di negara ini sangat lambat dan tingkat produksinya juga tidak mengalami perkembangan yang signifikan dan hal ini berlangsung hingga di akhir abad ke 19. Namun pada tahun 1912 negara Colombia ini merupakan komoditi negara penghasil kopi terbesar yaitu dengan presentasi 50% yang di ekspor. Hingga saat ini, kopi asal negara Colombia merupakan varietas yang sangat di favoritkan oleh Amerika Selatan.

Wilayah tumbuh tanaman kopi yang ada di negara Colombia ini kebanyakan berada di dataran tinggi seperti pegunungan yang cukup altitude yaitu dengan ketinggian mencapai 900 meter hingga 2.300 meter. Tanah di wilayah negara Colombia ini memiliki kontur yang cukup baik sehingga membuat tanaman kopi menjadi tumbuh subur dan menghasilkan jenis kopi yang banyak disukai oleh para pecinta kopi yang ada di dunia. Kopi yang dihasilkan oleh negara Colombia ini memiliki cita rasa yang sangat bervariasi yaitu dimulai dari rasa coklat yang cenderung heavy hingga jammy  kemudian sweet dan juga fruity. Kekayaan dari rasa kopi yang dimiliki oleh negara Colombia ini membentang dan di seluruh penjuru negaranya.

Negara Costa Rica

Negara penghasil kopi terbesar di Amerika adalah negara Costa Rica. Tanaman kopi di negara ini telah ada sejak abad ke 19. Pemerintahan yang ada di negara ini membagikan bibit kopi secara gratis kepada seluruh rakyatnya pada saat negara tersebut merdeka dari penjajahan negara Spanyol yaitu pada tahun 1821 silam. Kemudian pada saat ini rakyat yang ada di negara ini mulai menanam serta mengembangkan dan juga mendorong produksi kopi di negara tersebut. Ada sebuah rekaman sejarah negara Costa Rica yang menunjukkan bahwa pada masa tersebut telah di budidayakan tanaman kopi hingga lebih dari 17 ribu pohon. Hal tersebut dikarenakan telah menjadi konsentrasi penting bagi pemerintahan Costa Rica sejak awal.

Oleh karena itu tidak heran jika jumlah produksi kopi yang ada di negara ini sangat diperhatikan dan diurus dengan baik sehingga menjadi negara yang memproduksi kopi terbanyak di Amerika Selatan. Tanaman kopi di negara ini di budidayakan pada ketinggian yang mencapai 500 meter hingga 1.900 meter di berbagai penjuru negara Costa Rica. Masa panen di negara ini juga cukup panjang dan juga di budidayakan di wilayah yang berbeda beda. Hal inilah yang membuat negara Costa Rica tidak pernah kehabisan persediaan kopi. Kopi yang di hasilkan oleh negara Costa Rica ini sendiri sangat bersih dan memiliki cita rasa yang manis sehingga seringkali muncul rasa yang cukup light. Juga sama dengan kopi yang di hasilkan oleh negara Colombia, kopi yang dihasilkan oleh negara Costa Rica ini memiliki banyak varian rasa.

Negara Ecuador

Negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan yang kelima adalah negara Ecuador. Jika dibandingkan dengan negara yang ada di Amerika Selatan, negara ini memang lebih telat mengenal kopi. Tanaman kopi masuk di negara Ecuador pada tahun 1860 yaitu tepatnya di provinsi Manabi. Kemudian produksi kopi tersebut mulai merata hingga di seluruh negara Ecuador. Kemudian pada tahun 1905, negara Ecuador ini mulai mengekspor kopi pada negara Eropa. Negara Ecuador juga menghasilkan jenis kopi Arabica dan jenis kopi Robusta. Kopi yang dihasilkan dari negara Ecuador memiliki  kualitas dan potensi yang sangat tinggi. Pada umumnya rasa kopi yang dihasilkan sangat manis dan juga lebih kompleks sehingga mempunyai cita rasa khas acidity yang sangat nikmat.

Negara El Savador

Negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan yang keenam adalah negara El Savador. Untuk pertama kalinya negara El Savadir ini mengenal kopi pada tahun 1850 secara komersial lalu kemudian kopi menjadi minuman favorit yang ada di negara ini. kemudian produksi kopi juga menjadi sangat penting khususnya bagi perekonomian serta menjadi komiditi ekspor yang paling utama di negara tersebut. Kemudian pada saat tahun 1880, negara El Savador ini telah mengukuhkan diri yaitu sebagai negara penghasil kopi terbesar yang ada di dunia yaitu di urutan ke empat. Produksi kopi di negara ini pada saat ini memang sangat banyak yaitu dua kali lebih banyak.

Kopi yang ada di negara El Savador ini di tanam di daerah pegunungan yang berapi yaitu di tanah yang subur sehingga tepat digunakan untuk menanam kopi. Wilayah tanam tersebut memiliki tingkat ketinggian mencapai 500 meter hingga 2.300 meter. Oleh karena itu tidak heran jika kopi yang dihasilkan negara ini memiliki cita rasa yang sangat menarik. Kopi yang dihasilkan oleh negara ini dikenal dengan jenisnya yang memiliki sweetness, nikmat, dan sangat well balanced. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari negara penghasil kopi terbesar di Amerika Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *