Proses Pembuatan Kopi Hitam Dengan Metode Khusus

Cara membuat Kopi Hitam. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari saat ini. Tidak heran jika saat ini banyak bermunculan coffe shop yang mengusung konsep sebuah warung kopi yang lebih modern. dimana kopi yang disajikan tidak hanya berupa kopi hitam saja, namun sudah banyak kopi blend divariasikan dengan tambahan berbagai macam bahan tambahan. Hal tersebut tentunya menjadikan citarasa kopi menjadi semakin bervariasi. Dengan banyaknya varian kopi saat ini, tidak hanya kaum pria saja yang menyukai kopi, para kaum hawa pun juga mulai menggemari minuman yang satu ini.

Pada awalnya, kopi ini ditemukan di sebuah wilayah di Ethiopia di di benua Amerika, dimana pada saat itu kopi dijadikan minuman yang memiliki khasiat menjadikan tubuh lebih fit dan tetap terjaga. Sehingga tidak heran, banyak yang mulai mengkonsumsinya. Dan menjadikan para pedagang arab dan Eropa mulai menjadikan kopi sebagai komoditi perdagangan nasional. Begitu juga dengan kedatangan kopi di Indonesia, diawali dengan peran serta Belanda, sebagai negara penjajah dari, yang juga ingin menguasai perdagangan kopi di Dunia dengan membuka perkebunan-perkebunan kopi di Indonesia.

Proses Pengolahan Biji Kopi Hitam

Sebelum bisa dinikmati dalam secangkir kopi, biji kopi yang habis dipanen harus melewati proses pengolahan yang panjang. Secara umum pengolahan biji kopi dikenal dengan pengolahan dengan proses basah dan proses kering. Dimana dua proses pengolahan biji kopi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dengan demikian citarasa yang dihasilkan dari pengolahan kopi secara basah dan kering pun tentunya akan berbeda.

Cara membuat Kopi Hitam diawali dengan dilakukan proses pengolahan biji kopi yang baik dan benar. Proses pengolahan kopi yang pertama dilakukan dengan menggunakan metode basah. Dimana jenis kopi arabika melalui proses pengolahan kopi dengan metode pengolahan kopi secara basah. Dimana proses tersebut diawali dengan proses pemanenan kopi kemudian dilanjutkan sortasi buah kopi. Pada tahap ini biji kopi akan dipisahkan dari biji kopi yang cacat atau biji kopi yang berwarna merah dengan buah yang kuning atau hijau. Setelah proses pemisahan, dilanjutkan dengan proses pengupasan kulit buah yang merah. Proses tersebut menggunakan bantuan mesin pengupas, baik alat pengupas manual atau dengan alat bertenaga mesin. Proses selanjutnya adalah biji kopi yang telah dikupas kemudian di fermentasi. Proses ini dilakukan dengan cara merendam biji di dalam air bersih kemudian di ditumbuk lalu ditutup dengan kain goni selama 12 hingga 36 jam.

Setelah proses fermentasi tersebut, biji kopi akan dikeringkan. Dalam proses pengeringan ini bisa menggunakan mesin pengering ataupun dikeringkan di bawah terik matahari. Lama pengeringan bisa disesuaikan dengan panasnya cahaya matahari atau alat pengering, namun tujuan penjemuran tersebut adalah untuk menghasilkan biji kopi dengan kadar air sekitar 12 %.

Proses pengolahan biji kopi selanjutnya adalah pengupasan biji tanduk. Proses ini menggunakan bisa dilakukan secara manual yaitu dengan cara di tumbuk. Namun bisa juga menggunakan bantuan mesin pengupas atau huller. Setelah biji kopi dihilangkan kulit tanduknya, biji kopi disebut sebagai biji kopi beras atau green bean yang akan melalui sortasi akhir bisa kopi. Dimana kopi masih dipisahkan antara biji kopi yang utuh dengan yang pecah. Setelah tahap tersebut biji kopi bisa langsung dihaluskan atau pun disimpan terlebih dahulu sebelum didisitribusikan.

Cara membuat Kopi Hitam lainnya juga dibisa diawali dengan proses pengolahan biji kopi dengan metode kering. Jenis kopi yang menggunakan metode ini biasanya jenis kopi robusta. Langkah pengolahan kopi hitam yang satu ini memang terbilang lebih sederhana dibandingkan pengolahan sebelumnya. Kopi yang barus saja dipetik atau dipanen harus di sortasi terlebih dahulu untuk mendapatkan buah jenis superior dan inferior.

Selanjutnya buah kopi tersebut dijemur diatas lantai dengan ketebalan merata sekitar 4 cm. Proses penjemuran tersebut diharapkan menghasilkan kopi kering dengan kadar air hingga 15 % saja, biasanya dibutuhkan waktu 2 minggu. Setelah kering sesuai dengan standart yang telah ditentukan, proses pengolahan biji kopi dilanjutkan dengan pengupasan kulit buah dan kulit tanduk yang dilakukan dengan cara manual yaitu ditumbuk atau bisa menggunakan mesin huller. Proses selanjutnya adalah sortasi yaitu proses untuk memisahkan produk yang diinginkan dari sisa kulit buah, kulit tanduk, biji kopi yang pecah dan kotoran lainnya.

Metode Pembuatan Kopi Hitam

      Metode Vietnam Trip

Cara membuat Kopi Hitam ini menggunakan perbandingan 10 gram kopi dan 90 ml air, atau juga bisa menggunakan perbandingan 10 gram kopi : 12 Ml air. Langkah membuat kopi hitam ini diawali dengan menggiling biji kopi dengan menggunakan grinder pada ukuran bubuk kopi yang dihasilnya medium. Selanjutnya rebus 90 ml air tersebut hingga mencapai suhu 92 sampai 95 derajad celcius. Kemudian masukkan bubuk kopi yang telah digiling ke dalam filter yang telah dibersihkan, lalu ratakan bubuk kopi menggunakan plunger, dan biarkan plunger berada didalam filter. Setelah itu tuang air panas ke dalam filter sebanyak 20 ml. Kemudian diamkan selama 20 detik. Langkah penyeduhan kopi hitam pada tahap ini dimaksudkan agar kopi dan air terekstrak dengan baik. Setelah 20 detik berlalu, baru tuangkan sisa air yang telah direbus lalu tutup dengan penutup filter. Setelah 4 menit, baru kopi hitam bisa di tuang ke cangkir.

      Sypon

Membuat kopi dengan metode ini diawali dengan menyiapkan air yang dimasukkan ke dalam kontainer air yang terdapat pada bagian bawa coffe maker. Cara membuat Kopi Hitam adalah masukkan air panas ke dalam server. Kemudian pasanglah filter ke keontainer bagian atas, dan jangan lupa untuk mengaitkan kebawah bagian funnel segita tidak akan terlepas saat brewing. Tahap selanjutnya adalah masukkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan medium ke dalam kontainer. Selanjutnya nyalakan api dari alat pemanas dengan bahan bakar spritus atau bisa juga menggunakan mini gas burner. Kemudian tunggulah proses pemanasan hingga air naik ke bagian funnel. Setelah air habis terangkat, baru kopi diaduk secara perlahan. Matikan api dan diamkan kopi selama 45 menit. Kemudian kopi akan mengalir ke bagian bawah coffe maker. Selanjutnya bisa dicabut bagian container atas, lalu kopi siap dituang ke cangkir.

      French Press

Untuk menikmati kopi hitam dengan Cara membuat Kopi Hitam French Press, kopi terlebih dahulu di giling dengan grinder menggunakan ukuran yang paling kasar. Kemudian masukkan kopi yang telah digiling ke dalam tabung yang telah dibersihkan dengan menggunakan air panas. Selanjutnya tuang air panas dengan suhu sekitar 90 hingga 95 derajad celcius. Lalu adu kopi selama 30 menit dan tutup tabung lalu diamkan selama 4 menit. Kemudian tekan plunger secara perlahan, setelah filter telah sampai di dasar tabung, anda bisa menuangkan kopi ke dalam sebuah cangkir.

Deskripsi: Cara membuat kopi hitam diawali dengan pengolahan biji kopi dengan metode pengolahan basah atau kering dan dilanjutkan dengan beberapa pilihan metode menyeduh kopi hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *