Racikan Kopi Hamerhead Yang Spesial

Tanaman kopi merupakan suatu jenis tanaman yang tumbuh dan hidup di daerah dengan dataran yang tinggi. Tanaman yang berbentuk perdu ini menghasilkan biji kopi sebagai bahan dasar untuk membuat minuman kopi yang banyak di gemari masyarakat. Berdasarkan jenisnya kopi dibedakan menjadi dua macam yaitu kopi jenis arabika dan kopi jenis robusta. Sedangkan berdasarkan proses pengolahan dan penyajiannya dibedakan menjadi kopi hitam, espresso, cappuccino, kopi instan, kopi tubruk, oleng dan lain sebagainya. Sedangkan kopi espresso adalah salah satu jenis kopi yang paling banyak diolah lagi untuk dijadikan jenis produk kopi yang baru dan memiliki cita rasa yang bermacam-macam. Biasanya dalam pengolahan espresso untuk menjadi produk kopi lain, para peracik kopi menambahkan bahan lainnya. Bahan-bahan tambahan tersebut antara lain susu, kream dan gula atau pemanis. Hasil olahan kopi espresso tersebut misalnya adalah Americano, cappucini, kopi Latte dan kopi hammerhead.

 

Pengertian Kopi Hamerhead

Kopi Esspresso   

Kopi hammerhead merupakan kopi yang berbahan baku kopi espresso. Kopi espresso sendiri adalah minuman kopi yang berasal dari proses pengolahan ekstrasi biji kopi yaitu dengan menggiling dan menggunakan air panas bersuhu 190 sampai dengan 197 derajat fahrenheid dan di bawah tekanan tinggi 8 sampai dengan 10 tekanan atmosfer. Cara mengolah biji kopi untuk menjadi kopi espresso dengan memasukkan bijih kopi ke dalam mesin espresso, kemudian dialiri dengan air bertekanan tinggi sehingga ekstrak kopi akan keluar bersamaan dengan air tersebut. Dengan cari menjadikan tekstur dari kopi espresso sangat lembut karena ampasnya terpisah dari hasil ekstrasi biji kopi ini.

Karena lembutnya tekstur dari kopi espresso ini membuat minuman ini sangat disukai oleh banyak orang. Hal ini pula yang menjadikan dasar kopi espresso atau dikenal juga dengan nama kopi tanpa ampas ini banyak dikreasikan dengan bahan lain untuk membuat suatu racikan minuman yang nikmat. Kemudian nama espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang memiliki sebuah arti “secangkir kopi yang diseduh secara cepat hanya untuk anda”. Karena memang benar proses pembuatan kopi espresso sangatlah cepat.

Kopi Hamerhead

Kopi hammerhead adalah kopi yang diracik dengan bahan utamanya adalah kopi espresso. Kopi yang banyak disukai warga Amerika Serikat memang sangat nikmat dengan rasa khas. Cara membuat kopi hammerhead sangat sederhana yaitu dengan menuangkan kopi espresso ke dalam sebuah cangkir kopi sesuai takaran kemudian diberi bahan tambahan berupa beberapa tetes kopi murni. Kopi hammerhead banyak dikonsumsi oleh penduduk di Negara Amerika Serikat. Di Negara paman sam, para pembuat kopi ini sering menyebut tembakan dalam gelap. Untuk mendapatkan kualitas rasa yang enak dan nikmat untuk kopi hamerhead, pemilihan bahan baku untuk kopi hamerhead ini harus dengan jeli dan teliti. Pembuat kopi ini harus selektif dalam memilih biji espressonya. Dengan kualitas dari biji kopi espresso yang bagus maka rasa kopi ini akan sangat nikmat di lidah penggemarnya,

kopi hammerhead yang sering disajikan pada kafe-kafe di Negara amerika Serikat ini juga memiliki berbagai nama berbeda-beda. Nama lain kopi hamerhead tersebut antara lain red eye, dan dead eye. Dan kopi hammerhead ini juga sering disebut dengan istilah tembakan dalam gelap oleh para penikmat kopi.

Pembuatan kopi hammerhead

Untuk membuat kopi hammerhead di perlukan beberapa langkah yang perlu diperhatikan dengan teliti guna mendapat rasa kopi yang pas di lidah. Berikut cara-cara atau langkah-langkah dalam membuat kopi hammerhead :

  1. Membuat espresso terlebih dahulu

Dalam membuat espresso dengan kualitas rasa yang tinggi diperlukan keahlian khusus dalam pemilihan biji kopi espresso tersebut. Pemilihan biji kopi espresso yang berkualitas sangat penting karena menentukan rasa dari kopi hammerhead. Setelah menemukan biji kopi espresso dengan kualitas yang bagus, masukkan biji kopi tersebut kedalam mesin espresso yang dicampur dengan air dan kemudian dipanaskan dengan tekanan suhu yang tinggi. Untuk mengetahui proses pembuatan espresso yang benar dapat ditandai dengan adanya kream dilapisan atas espresso tersebut.

  1. Mencampurkan kopi espresso dengan kopi asli

Sambil menunggu proses pembuatan espresso, bubuk kopi asli harus diseduh. Agar cepat dalam mendapatkan larutan bubuk bubuk kopi asli, maka menyeduhnya dengan menggunakan air panas atau hangat. Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mencampurkan espresso dengan seduhan kopi alami. Perhatikan dalam proses pencampuran espresso dan seduhan kopi asli ini, usahakan campurkan dengan kadar takaran yang cocok atau sesuai keinginan.

Pada kafe-kafe penyedia minuman kopi hammerhead, minuman jenis ini memiliki takaran tembakan espresso. Para pemesan kopi tinggal memilih menu kopi hammerhead sesuai dengan kadar espresso yang diinginkan. Misal memesan kopi hammerhead dengan kadar kafein atau espresso rendah, maka pelayan kafe akan membuatkan kopi hammerhead dengan cara menambahkan satu takaran yaitu 30 ml espresso ke dalam secangkir kopi murni. Ketika memesan kopi hammerhead dengan dua tembakan ekspresso, maka kopi akan dituangi espresso 60 ml. Begitu juga dengan kopi hammerhead tiga tembakan, maka 60 ml espresso akan dituangkan ke dalam secangkir kopi. Kopi hammerhead sangat nikmat apabila dinikmati ketika masih dalam keadaan hangat. Aroma khas kopi asli yang bercampur dengan beberapa tetes espresso akan membuat minuman kopi hammerhead ini terasa special.

Kopi hamerhead yang nikmat

Kopi hamerhead merupakan sebuah racikan kopi yang banyak di minum oleh warga Amerika Serikat. Kopi yang di buat dengan bahan baku utamanya adalah espresso , kemudian ditambah lagi dengan kopi murni ini mempunyai cita rasa yang sangat khas yang membedakan dari kopi-kopi lainnya. Bagi para peminum racikan kopi ini, rasa dari kopi hamerhead sangat nikmat di lidah. apalagi dengan kandungan kafeinnya yang cukup tinggi. Kafein atau kafeinnya merupakan sebuah senyawa kimia alkaloid yang terasa pahit. Senyawa dari kafein ini berbentuk kristal. Alhasil dengan kandungan kafein yang tinggi ini menyebabkan para pengkonsumsi kopi hammerhead menjadi tidak mudah mengantuk. Hal ini disebabkan karena fungsi kafein dalam kopi yang banyak dinikmati warga negara paman sam adalah merangsang system pusat saraf utama yaitu otak. Dengan terangsangnya sistem syaraf yang ada pada otak oleh kafein menyebabkan rasa kantuk akan hilang seketika.

Kenikmatan kopi hammerhead yang banyak di konsumsi penduduk amerika ini akan bertambah apabila di tambah dengan gula. Takaran gula yang cocok sesuai dengan selera peminum kopi akan membuatnya semakin nikmat. kopi ini sangat cocok dinikmati saat santai atau teman lembur dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dengan kandungan kafein dalam kopi ini kantuk pun akan hilang dan meningkatkan konsentrasi.

Selain menghilangkan rasa kantuk, Kafein dalam kopi hammerhead mempunyai manfaat lain diantara dapat membantu meningkatkan ingatan penikmat kopi ini. Manfaat berikutnya dapat menciptakan suasana tenang bagi peminum kopi hammerhead ini, sehingga efeknya akan mengurangi rasa stress dan depresi akibat banyaknya aktifitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *