Secangkir Kopi Liberika Yang Sangat Menggugah Selera

Minuman kopi memang menjadi salah satu minuman paling favorit yang disajikan di pagi hari menyambut pagi yang cerah. Bagi masyarakat Indonesia, kopi menjadi salah satu minuman khusus yang disajikan untuk memberikan semangat dan juga memberikan banyak sekali ide yang bisa dihasilkan melalui kopi. Dengan menyeruput kopi menjadikan hidup semakin lebih berwarna dan juga lebih menyegarkan. Indonesia yang juga termasuk salah satu negara ekspor biji kopi terbesar di seluruh dunia ini memiliki berbagai macam jenis. Salah satu jenis biji kopi yang sangat nikmat ketika diseduh saat pagi hari adalah kopi Liberika.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia bahkan di seluruh dunia pasti sangat jarang sekali mendengar nama kopi yang satu ini. Walaupun terdengar seperti nama kopi dari luar negeri tapi nyatanya kopi ini terdapat di negara Indonesia. Jenis kopi ini tidak kalah populernya dengan kopi lain seperti jenis kopi robusta dan juga kopi arabica. Kedua jenis ini memang sudah terkenal di seluruh jagad raya ini bahkan kopi tersebut memiliki nama yang berbeda-beda. Namun untuk jenis kopi Indonesia Liberika ini menjadi salah satu kopi yang sangat istimewa karena memiliki rasa yang cukup unik. Rasa yang ditawarkan jenis kopi ini seperti rasa sayuran. Hal ini membuat para penikmat kopi semakin penasaran dengan adanya kopi rasa sayuran ini.

Masih sangat jarang sekali terdapat kopi yang memiliki rasa sayuran bahkan hampir tidak ada lagi selain di Indonesia. Indonesia dengan beragam tekstur tanah dan juga banyaknya flora dan fauna ini memberikan keunikan tersendiri yang bisa berpengaruh terhadap berbagai macam hal yang ada disekitar seperti pada biji kopi ini. Biji kopi indonesia Liberika ini memang masih sangat jarang ditemukan karena biji kopi ini didapatkan dari negara Afrika yang mana dulu dibawa ke Indonesia pada abad ke-19. Tidak hanya itu saja, menurut beberapa sumber mengatakan bahwa jenis kopi ini dulunya sangat mudah terserang penyakit sehingga tidak bisa hidup bertahan lama di Indonesia.

Kelebihan dari biji kopi Liberika

Namun seiring berkembangnya zaman kopi ini mulai diproduksi kembali di daerah wilayah Jambi dan juga Bengkulu yang mana masih sangat jarang karena banyak orang yang belum mengenal baik tentang produk biji kopi yang satu ini. Selain itu, dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jenis kopi ini bisa memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan karena kopi jenis ini sangat mudah dikembangkan dan juga bisa diekspor ke berbagai negara di dunia. Fakta yang juga cukup menarik bahwa negara tetangga kita yaitu Malaysia juga mengkonsumsi jenis kopi ini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pasar ekspor dari jenis kopi liberika ini masih terbuka lebar apabila bisa dibudidayakan dengan baik. Orang Malaysia yang juga suka mengkonsumsi kopi liberika ini sangat bisa dijadikan alasan mengapa kopi ini harus dibudidayakan.

Budidaya dan juga pengembangan tanaman untuk produksi biji kopi asli Africa ini sangat diperlukan karena memang banyak sekali kelebihannya. Selain dari pasar ekspornya, dilihat dari jenis tanamannya pun, jenis kopi yang satu ini termasuk jenis tanaman yang sangat mudah ditanam di daerah Indonesia. Kelebihan lain yang juga sangat bisa menjadi daya tarik untuk memberikan kontribusi terhadap dunia kopi adalah harganya. Harga untuk jenis kopi ini sangat bersaing dan terbilang berkualitas. Banyak pendapat mengatakan bahwa dari sisi harga yang ditawarkan, liberika memiliki harga yang lebih baik dibanding dengan kopi jenis Robusta. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis kopi robusta ditawarkan dengan berbagai macam jenis harga yang cukup mahal. Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya robusta saja yang bisa berkembang di seluruh wilayah di dunia ini melainkan juga liberika.

Selain itu keunggulan lain dari kopi ini yaitu tahan terhadap kekeringan sehingga sangat cocok ditanam di negara Indonesia. Salah satu daerah yang juga ikut serta sebagai salah satu penyokong kemajuan kopi liberika yaitu daerah Meranti. Para petani kopi di daerah Meranti menghasilkan sekitar 1 ton biji kopi tiap tahunnya. Dengan kondisi lahan gambut yang dimiliki oleh tanah Meranti ini tidak menyulitkan petani kopi karena memang lahan gambut ini juga bisa membantu keberlangsungan tanaman kopi.

Rasa kopi liberika

Jenis kopi yang disebut-sebut sebagai salah satu tanaman kopi liar ini memiliki ukuran biji kopi yang cukup besar seperti biji buah nangka. Tidak seperti biji kopi pada umumnya yang memiliki ukuran biji yang cukup kecil namun biji kopi liberika ini seukuran dengan biji buah nangka. Ukuran yang cukup menarik untuk jenis kopi pada umumnya. Tidak hanya itu saja, untuk ukuran tanamannya saja berkisar antara 9 meter sampai 12 meter tergantung dengan lahan yang digunakan untuk menanam. Jenis yang satu ini juga memiliki rasa yang cukup unik seperti sayuran dan juga buah nangka. Walaupun Indonesia memiliki banyak jenis kopi namun dalam hal yang satu ini jenis kopi ini sangat unggul dan juga banyak diminati oleh negara tetangga, Malaysia.

Cita rasa lain dari kopi liberika ini memiliki rasa asam yang tidak berlebihan sehingga tidak begitu berbahaya dikonsumsi oleh penderita magh. Untuk tetap menikmati rasa kopi yang cukup aman bagi kondisi lambung penderita magh, kopi jenis liberika ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita magh. Tidak hanya itu saja, tanaman kopi yang tumbuh di daerah dataran tinggi ini menghasilkan varietas kopi dengan rasa yang cukup kuat serta warna yang cukup pekat. Rasa dari kopi jenis liberika ini tidak kalah dengan kopi robusta dan juga arabica.

Kopi liberika memang menjadi salah satu ikon pariwisata yang cukup populer dikalangan penikmat kopi. Dengan daya tarik yang dimilikinya memberikan nilai positif untuk terus mengembangkan ekspor biji kopi. Walaupun di luar negeri sudah banyak yang mengkonsumsi biji kopi asli Africa ini seperti negara Malaysia, namun Indonesia sendiri hanya menyerap beberapa saja karena dianggap tidak terlalu nikmat. Hal ini dikarenakan adanya ketidak tahuan terhadap produk biji kopi liberika yang memang berkualitas dan bahkan sangat aman dikonsumsi oleh penderita magh. Tidak hanya itu saja, ketidak tahuan ini memberikan dampak yang negatif terhadap peningkatan produk biji kopi liberika.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh kopi liberika seperti cita rasanya, keamanannya untuk dikonsumsi, serta harum dan juga pekatnya kopi ini memberikan banyak nilai plus terhadap dunia ekspor biji kopi di Indonesia. Dengan kelebihannya memang sangat diharapkan bisa merajah ke seluruh dunia sehingga masyarakat mengetahui benar bahwa ada biji kopi yang bisa dinikmati dengan aman dengan rasa yang cukup unik. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memberikan Anda pengetahuan lebih tentang kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *