Sembilan Negara Penghasil Kopi Terbaik Di Dunia

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak diminati oleh manusia di dunia ini. Minuman yang mengandung kafein ini mempunyai citarasa yang khas, sehingga banyak yang menikmati jenis minuman ini sewaktu santai ataupun saat bekerja. Selain nikmat, kopi ini juga mempunyai berbagai macam manfaat bagi peminumnya. Manfaat kopi tersebut yaitu mampu meningkatkan konsentrasi, dapat menghilangkan ngantuk, dapat menciptakan suasana hati menjadi senang, dan lain sebagainya. Minuman kopi ini berasal dari sebuah tanaman perdu yang tumbuh didaerah tropis. Dari tanaman yang tergolong tumbuhan ini, maka munculah biji kopi. Biji kopi ini yang akhirnya diolah sedemikian rupa menjadi minuman kopi yang sangat nikmat. Di belahan bumi ini, banyak negara yang menghasilkan biji kopi terbaik di dunia.

Negara Penghasil biji Kopi Di Dunia

Biji kopi merupakan bahan dasar untuk membuat minuman kopi. Biji kopi ini didapat dari tanaman perdu yang tumbuh di negara-negara beriklim tropis. Sebelum menjadi minuman kopi, biji kopi tersebut biasanya dihaluskan menjadi bubuk. Bubuk kopi ini yang kemudian diseduh dengan air panas dan ditambah sedikit gula, maka jadilah minuman kopi yang menggoda. Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terdapat beberapa negara yang terkenal dengan kualitas kopi terbaik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi dengan kualitas yang sangat baik di bumi ini.

  1. Indonesia

Salah satu penghasil kopi dengan kualitas baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terletak pada 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia termasuk dalam kawasan yang memiliki iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan karena wilayah negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain hal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kualitas kopi yang sangat baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh penduduk di negara lain. Maka tidak mengherankan, jika kopi menjadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu jenis kopi nikmat yang terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu jenis minuman kopi yang terkenal dari negara ini. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang terdapat dalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah menjadi minuman kopi yang sangat nikmat. Jenis kopi ini menjadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor jenis kopi robusta dan arabika.

  1. Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi terbaik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terletak di benua Amerika. Negara ini memiliki wilayah yang sangat luas, yaitu sekitar 8.511.965 km2. Dengan luas wilayah tersebut, maka Brasil menjadi negara yang memiliki wilayah terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini dapat terjadi, karena Brasil dilalui oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh jenis tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang dapat tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.

Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil termasuk dalam jenis kopi dengan kualitas terbaik di dunia. Salah satu jenis kopi yang terkenal dari Brasil adalah jenis kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil terkenal dengan kuliatasnya yang sangat bagus, sehingga banyak di sukai oleh penduduk dari berbagai negara di bumi ini, selain itu, Brasil juga terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

  1. Kolumbia

Kolombia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terletak pada 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini memiliki wilayah hutan yang sangat lebat. Hutan yang terdapat di negara ini memiliki luas sekitar 72% dari keseluruhan luas wilayah negara Kolombia. Jadi dapat dikatakan, sebagian besar wilayah Kolumbia adalah hutan.

Negara Kolombia termasuk dalam negara yang terletak di benua Amerika yang memiliki iklim tropis. Negara ini mempunyai dua musim yang sama dengan indonesia, yakni penghujan dan kemarau. Musim penghujan terjadi antara bulan Maret sampai dengan bulan Juni, sedangkan musim kering atau kemarau terjadi pada bulan Desember sampai Maret dan Bulan Juli sampai bulan Agustus.

Negara kolombia ini terkenal sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia memiliki citarasa yang sangat khas dan berbeda dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, jika kopi asal negara ini banyak disukai oleh penduduk dari berbagai negara.

  1. Peru

Negara dengan kualitas kopi yang enak berikutnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang masih termasuk dalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan langsung dengan Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.

Peru ini juga terkenal sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini populer dengan produksi biji kopi yang penanamannya meggunakan cara organik. Dengan cara menanam kopi yang organik ini, membuat kualitas biji kopi negara Peru sangat istimewa. Dengan demikian, maka produk minuman kopi dari biji kopi terbaik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

  1. Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terletak di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim sama seperti Indonesia, yaitu tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh penduduk Vietnam pada masa penjajahan Prancis, yaitu sekitar tahun 1857. Negara Perancis tersebut yang memperkenalkan kopi pada penduduk vietnam, sejak saat itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam termasuk dalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

  1. Kosta Rika

Negara yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di dunia selanjutnya yaitu Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 51.100 km2 atau seukuran dengan luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini memiliki kualitas yang bagus.

Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka hanya mengolah biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika membuat penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyambut baik ide pemerintah tersebut. Alhasil, saat ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka selain gula.

  1. Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi terbaik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang menjadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini memiliki kulitas yang bagus dengan rasa yang nikmat.

  1. Meksiko

Negara penghasil kopi terbaik di dunia berikutnya masih dari Benua Amerika. Negara tersebut adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu jenis kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

  1. Ethiopia

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang terkenal sebagai tempat lahirnya kopi. Banyak penduduk Ethiopia yang menikmati kopi pada kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di konsumsi oleh penduduk negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi terbaik di dunia memiliki citarasa yang khas, sehingga banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *