Sensasi Kopi Yang Berbeda Dari Kopi Biji Salak

Selama ini kita mengenal kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi yang disangrai light, medium maupun dark. Kebanyakan dari orang menyebutnya kopi hitam. Namun saat ini sudah banyak minuman kopi yang bukan berasal dari biji kopi yaitu kopi biji salak. Kopi saat ini sangat bervariasi yang tidak hanya dihasilkan dari biji kopi saja. Biji buah salak juga bisa disulap menjadi bubuk kopi yang sangat nikmat dengan rasa yang cukup unik. Mungkin bagi sebagian orang kopi dari biji salak memiliki citarasa yang berbeda dari kopi pada umumnya yang kita temukan. Buah salak yang memiliki kulit sedikit berduri dan juga terdapat biji yang cukup besar didalamnya bisa dimanfaatkan sebagai minuman penghilang penat.

Hal ini sudah dilakukan oleh salah satu warga dari kota Salatiga yang mengkreasikan biji salak untuk dijadikan minuman kopi. Kopi dari biji salak bisa ditemukan di kota Salatiga dengan berbagai macam warna yang benar-benar hitam, medium, maupun light. Semua jenis warna yang kalian inginkan bisa ditemukan di kota yang kaya akan buah salak ini. Bahkan diatas dark roasting sekalipun bisa dengan mudah kita temukan disana. Karena kota Salatiga adalah penghasil buah salak yang cukup besar, maka warga Salatiga akhirnya memanfaatkan bijinya agar tidak terbuang sia-sia untuk dijadikan minuman seperti kopi. Salah satu wirausahawan seperti Laeli Musyarofah sudah memiliki unit usahanya sendiri untuk mengembangkan kopi biji salak dan juga buah salak itu sendiri.

Apa itu kopi biji salak?

Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengetahui apa itu kopi biji salak pastinya menduga bahwa kopi ini hanyalah merk salah satu kopi yang ada di Indonesia. Biasanya kita menemukan buah salak dijadikan salah satu keripik salak yang sangat khas dan juga rasa yang cukup menarik untuk lidah kita. Namun karena banyaknya produksi salak di Kota Salatiga menjadikan warga Salatiga menjadi lebih kreatif lagi untuk mengembangkan usaha mereka agar buah salak yang ada pada perkebunan warga sekitar bisa dijual dengan harga yang mahal dan tidak merugikan para petani salak. Agar kalian tahu saja, walaupun kopi biji salak ini menyandang nama kopi, namun minuman yang satu ini tidak dihasilkan dari biji kopi sedikitpun. Minuman ini murni dari biji salak yang diproses dengan baik dan menjadi bubuk kopi.

Dari sumber yang dilansir beberapa waktu yang lalu menyatakan bahwa kopi dari buah salak ini adalah bubuk yang berasal dari biji salak yang diproses layaknya biji kopi dan penyajiannya juga tidak jauh berbeda. Kopi ini dikeringkan terlebih dahulu yang kemudian dilakukan proses sangrai agar mendapatkan biji yang hitam dan juga aroma yang khas dari biji salak. Setelah proses dari sangrai selesai, maka dilakukanlah proses penggilingan agar mendapatkan bubuk biji salak sebagai minuman kopi. Pengolahan dari biji salak dan kopi memang tidak jauh berbeda namun aroma dan rasa dari keduanya sangatlah jauh berbeda. Dari yang kita ketahui bahwa biji kopi memiliki aroma yang lebih wangi dan juga ada rasa masam saat meneguknya. Namun untuk kopi biji salak rasa masam yang didapatkan seperti buah salak sehingga terasa lebih unik dan berbeda.

Manfaat kopi biji salak

Seperti yang kita ketahui bahwa minuman dari biji kopi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini juga dimiliki oleh kopi dari biji salak yang juga berguna untuk kesehatan. Walaupun belum terlalu popular dikalangan masyarakat Indonesia, namun banyak warga Salatiga yang sudah mengembangkan biji salak untuk kopi dan dijual ke beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya rasanya yang sangat khas, biji salak ini juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan yang terdapat didalamnya seperti protein, mineral, lemak, selulosa, pati, karbohidrat dan masih banyak lainnya bisa sangat bermanfaat untuk tubuh. Bagi kalian yang penasaran dengan kopi biji salak, kalian bisa menyimak ulasan berikut ini.

  1. Mengatasi asam urat

Manfaat yang pertama dari kopi salak yaitu bisa mengatasi asam urat. Bagi sebagian orang pasti tidak mengetahui akan hal ini dikarenakan masih jarang pemasaran untuk kopi hasil biji salak ini. Dengan mengkonsumsi kopi dari biji salak ini menjadi salah satu obat alternative yang sangat manjur untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asam urat. Kopi ini juga dapat mencegah berbagai macam gangguan penyakit yang menggerogoti tubuh kita seperti rematik, nyeri otot yang mengakibatkan asam urat bisa diatasi dengan cara mengkonsumsinya dengan teratur. Selain itu, biji kopi yang dibuat untuk minuman kopi ini bisa mengurangi rasa nyeri berlebihan pada tubuh sehingga kita akan terasa lebih sehat dan bugar kembali.

  1. Menjaga stamina tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa kita ambil dari biji kopi yaitu bisa menjaga stamina tubuh. Biasanya ketika kita melakukan berbagai macam aktifitas pastinya kita akan merasa kelelahan pada waktu tertentu. Kopi biji salak memiliki salah satu fungsi untuk menambah ketahanan dalam tubuh yang didukung oleh karbohidrat dan juga protein yang terkandung didalamnya. Karbohidrat inilah yang akan memenuhi kebutuhan energy dalam tubuh sehingga badan akan tetap fit dan bugar. Kopi ini lebih segar dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Aroma yang membantu pikiran untuk tetap tenang adalah kelebihan dari kopi ini.

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Selain itu, kopi dari biji buah salak juga membantu memperlancar sistem pencernaan kita. Kandungan serat yang terdapat didalam biji buah salak ini mampu membantu permasalahan tentang pencernaan seperti sembelit. Serat yang terkenal akan fungsinya untuk membantu memperlancar pencernaan juga bisa didapatkan dari bubuk kopi biji salak. Kalian bisa mengkonsumsi kopi ini apabila mengatasi sembelit yang berlebihan dan bahkan yang mengalami sembelit keras. Kopi ini sangat dianjurkan oleh kalian dan aman untuk dikonsumsi.

  1. Meningkatkan kinerja otot

Kopi dari biji salak memang terdengar sangat unik dan membuat orang penasaran. Tidak hanya unik saja, kopi ini memiliki manfaat lain seperti meningkatkan kinerja otot dalam tubuh. Kandungan protein yang terdapat didalamnya sangat baik untuk otot. Dengan mengkonsumsi satu cangkir kopi ini bisa membantu kinerja otot lebih baik dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang berkaitan dengan proses sistem saraf untuk membantu pembentukan awal dari sistem saraf tersebut. Kopi yang dikonsumsi secara teratur akan membuat otot kalian lebih kuat lagi sehingga lebih bertenaga dan tidak mudah lelah. Memang dalam mengkonsumsi sesuai tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, kalian bisa mengkonsumsi kopi jenis ini dengan takaran tertentu agar tidak timbul masalah yang tidak diinginkan.

  1. Mencegah hipertensi

Lain kopi lain manfaatnya. Istilah tersebut memang sangat pas digunakan untuk jenis kopi biji salak ini. Minuman berwarna hitam yang berasal dari biji kopi memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda dengan kopi yang berasal dari biji salak. Kopi yang satu ini mampu memperlancar sistem peredaran darah yang mana terdapat dalam kandungan oksigen. Oksigen yang dikonsumsi melalui minuman kopi ini disalurkan kedalam tubuh sehingga alirannya menjadi lancar. Sehingga bisa dikatakan bahwa oksigen yang dibutuhkan oleh darah dalam tubuh terpenuhi. Oleh karena itu resiko terjadinya hipertensi dapat diatasi dengan mudah.

Itulah beberapa informasi tentang kopi biji salak. Kopi dari biji salak tidak akan kalah dengan kopi dari tanaman kopi itu sendiri. Namun yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi segala sesuatu harus pada porsi yang seimbang. Kita tidak boleh mengkonsumsi minuman kopi secara berlebihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian tentang jenis kopi yang bisa dicoba dirumah nantinya. Jagalah terus kesehatan kalian dengan mengkonsumsi minuman yang sehat dan berasal dari bahan alami. Tidak hanya itu saja, pola hidup yang sehat juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir yang akan kalian dapatkan. Semakin sering kalian berolahraga dan mengkonsumsi minuman dan makanan sehat maka semakin sehat pula diri kalian baik dari dalam maupun dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *