Teknik Membuat Racikan Kopi Yang Sempurna

Menikmati secangkir kopi di sore atau pagi hari memang terasa nikmat, terlebih jika ditemani oleh orang tersayang. Namun, menikmati secangkir kopi bagi beberapa orang memang berbeda sesuai dengan selera dan juga kebiasaan dari masing-masing individu. Setiap orang bahkan memiliki cara menyeduh kopi yang tidak sama. Namun, cara menyeduh ternyata juga dapat mempengaruhi kualitas dari kopi tersebut. Bagi anda yang ingin menikmati secangkir kopi nikmat dengan cara penyeduhan yang benar dan mendapatkan kopi berkualitas dan kental dengan sempurna, maka anda tak perlu khawatir berikut akan kami bagikan bagaimana cara membuat kopi tubruk yang nikmat dan dijamin membuat anda ketagihan untuk membuatnya sendiri. Selain mudah, pembuatan kopi tubruk ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin menikmati kopi seduhan anda sendiri tanpa harus datang ke cafe kopi. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara membuat kopi yang nikmat dan sempurna

  1. Kopi tubruk

Bagi anda penyuka kopi tubruk, anda harus memiliki ilmu membuat kopi tubruk yang nikmat dan pas. Pas baik dari segi kekentalan, cita rasa, manis, aroma dan lain sebagainya. Pertama didihkan air hingga mencapai suhu 89 hingga 90 derajat celcius. Atau anda dapat mengira-ngira sendiri air yang anda masak sudah mendidih dan biarkan hingga 1,5 hingga menit lamanya. Selanjutnya siapkan kopi dan masukkan kedalam cangkir sebanyak 13 gram untuk 200 ml air atau kira-kira 2 sendok teh untuk satu cangkir air. Kemudian tuangkan air mendidih sedikit ke kopi dan biarkan kopi hingga 30 detik. Selanjutnya masukkan seluruh air ke dalam cangkir dan biarkan selama 4 menit. Kopi siap untuk dinikmati.

  1. Drip method

Selain cara membuat kopi tubruk yang original, anda juga dapat membuat kopi dengan cara drip method. Pembuatan kopi dengan cara ini dengan melalui proses penyaringan atau filter. Hal ini sengaja dilakukan karena ini merupakan cara yang paling populer dan juga sederhana. Cara pertama yang anda lakukan adalah siapkan kopi diatas kertas saring. Selanjutnya siapkan teko dengan leher kecil. Letakkan kopi beserta kertas saring keatas mulut teko. Selanjutnya tuangkan air ke kopi bubuk tersebut. Selanjutnya untuk anda yang ingin menikmatinya panas-panas dapat memanaskan kopi tersebut. Kelebihan membuat kopi dengan cara ini adalah anda akan mendapatkan kopi yang khas namun lembut karena tidak memiliki ampas sehingga siap untuk langsung diminum.

  1. Turkish coffe method

Metode pembuatan kopi selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan metode turki atau metode arab. Proses pembuatan dengan metode ini memang agak ribet namun kopi yang dihasilkan memiliki rasa kuat dan juga pekat. Bagi anda pecinta kopi yang kental dan beraroma kuat dapat mencoba membuat kopi yang satu ini. Cara pembuatan kopi tersebut cukup mudah. Pertama kopi digiling secara manual dengan menggunakan lesung dan juga alu. Atau jika anda memiliki mesin penggiling kopi, anda dapat menggunakan mesin penggiling tersebut. Selanjutnya letakkan sebuah bejana dan masukkan air, kopi, dan gula. Selanjutnya didihkan hingga tiga kali. Cara mendidihkan berkali-kali ini bertujuan untuk menghasilkan kopi yang pekat dan kental. Selanjutnya setelah mendidih anda dapat menuangkannya kedalam cangkir dan kopi siap untuk dinikmati.

  1. French press

Cara membuat kopi tubruk lainnya yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan metode french press. Metode ini sangat banyak digunakan dikedai-kedai kopi karena diklaim mampu menghasilkan citarasa paling banyak yang ada di dalam kopi tersebut. Metode ini menggunakan alat khusus yang cara kerjanya dengan menempatkan kopi pada teko dan kopi dengan sendirinya akan keluar tentu saja setelah diberikan air panas. Anda dapat menjumpai alat ini ditoko-toko terdekat didaerah anda.

  1. Clever dipper

Cara pembuatan kopi selanjutnya adalah dengan menggunakan clever dipper. Metode ini adalah salah satu metode peracikan kopi yang sederhana. Metode ini menggunakan alat yang memiliki bentuk kerucut dan menambahkan filter kertas pada bagian atas. Alat ini merupakan gabungan dari 2 metode yakni metode french press dan metode drip. Cara pengunaannya cukup mudah. Dengan alat ini anda akan mendapatkan seduhan kopi yang nikmat dan berkualitas. Alat ini mampu menghasilkan kopi dan juga merendam kopi dengan cara french metode. Metode ini juga memiliki kemampuan untuk mengontrol mengeluarkan hasil brewing atau menghentikan proses brewing itu sendiri.

  1. Percolator

Cara membuat kopi tubruk selanjutnya adalah dengan menggunakan metode percolator. Metode ini sudah lama digunakan. Caranya cukup mudah yakni dengan melakukan penyaringan namun tetap menjaga aroma kopi. Cara pembuatan kopi ini cukup sederhana. Anda hanya perlu memasukkan bahan pembuat kopi seperti kopi, gula, dan air kedalam alat percolator ini. Alat ini sudah dilengkapi dengan mesin penyaring sehingga anda cukup mendidihkan air dan sesudah mendidih, tuangkan kopi racikan percolator kedalam cangkir dan kopi siap untuk dinikmati bersama dengan camilan anda. Prosesnya cukup mudah dan cepat.

  1. Espresso

Espresso, tentu anda sudah mengenal istilah ini terutama anda yang sering pergi ke kedai kopi. Alat pembuat kopi yang satu ini memang cukup populer dibandingkan dengan alat pembuat kopi lainnya. Penggunaanya cukup sederhana karena alat ini sudah mampu memproses kopi dengan sangat baik. Namun alat ini memiliki 2 varian yakni menggunakan cara manual dan juga otomatis. Dengan menggunakan mesin ini, anda akan mendapatkan secangkir kopi yang memiliki rasa yang nikmat dan juga lezat. Ditambah dengan aroma yang begitu harum yang akan membuat anda benar-benar menikmati sebuah kopi yang tiada duanya.

  1. Sypon method

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan metode sypon atau vacum. Metode ini membutuhkan kesabaran untuk dapat menikmati secangkir kopi yang nikmat tanpa ampas. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama letakkan bubuk kopi pada tabung bagian atas dan air pada bagian bawah. Selanjutnya didihkan air pada bagian bawah tabung. Biarkan air mendidih dan menguap. Uap dari air yang mendidih akan mencampurkan bubuk kopi kedalam air dan dengan sendirinya akan menghasilkan kopi yang berkualitas. Setelah kopi dingin, anda dapat menikmatinya dan rasakan kopi yang nikmat dan beda dari lainnya.

  1. Moka pot

Metode selanjutnya yang dapat anda gunakan pada cara membuat kopi tubruk lainnya adalah metode moka pot. Metode ini menggabungkan tekanan dan panas untuk menghasilkan sari kopi. Kopi yang dihasilkan pada alat ini memiliki rasa pahit yang lebih kuat dibandingkan dengan kopi lainnya. Cara membuatnya cukup mudah, pertama masukkan air ke dalam bejana yang bagian bawahnya menampung air. Letakkan bubuk kopi kedalam saringan kemudian kaitkan teko diatasnya. Moka pot kemudian letakkan diatas kompor dan tunggu hingga kopi naik sendiri kedalam teko karena tekanan.

  1. Cold water method

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan metode cold water atau yang disebut dengan cold brew water atau kopi dingin. Kopi ini banyak diracik dikedai kopi Indonesia. Racikan ini menghasilkan rasa yang berbeda-beda tergantung dengan baristanya. Cara ini membutuhkan waktu yang agak lama, bahkan untuk menikmati secangkir kopi ini membutuhkan waktu 12 jam untuk mendiamkan kopi ini untuk menghasilkan kopi yang memiliki aroma dan citarasa yang unggulan. Kopi ini cukup ramah dan nyaman untuk anda yang memiliki perut yang sensitif dengan asam kopi kopi. Kopi ini juga bisa disajikan baik dalam kondisi panas maupun dingin. Anda juga dapat menambahkan bahan lainnya seperti es krim atau coklat.

Demikian beberapa cara membuat kopi tubruk yang mudah yang dapat anda bikin sendiri dirumah. Bahkan bagi anda yang tidak ingin repot dapat mencoba menggunakan alat penghasil kopi yang modern dan dapat menghasilkan kopi yang berkualitas. Anda juga dapat menambahkan beberapa varian rasa lainnya sesuai dengan keinginan anda. Namun bagi anda yang ingin menggunakan campuran beberapa kopi anda dapat mencobanya dengan mencampurkan beberapa kopi yang berbeda dan nikmati rasa yang berbeda dari campuran kopi anda tersebut. Namun jika anda menyukai rasa manis, anda dapat menambahkan susu atau gula sesuai dengan takaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *