Yuk Ketahui 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

Siapa yang tidak menyukai kopi? hampir berbagai kalangan usia menyukai minuman kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi didunia. Pada awalnya para pedagang arab lah yang menjadikan kopi ini sebagai komoditi dagang di secara mendunia. Sejak saat itulah kopi terbukti diminati oleh banyak orang, sehingga negara-negara di Eropa pun juga turut turun tangan dalam memperdagangkan biji kopi tersebut.

Tidak hanya itu, negara-negera di Eropa yang merupakan negara penjajah pun juga mulai membudidayakan kopi di negara jajahannya. Sejak saat itu hingga saat ini kopi menjadi komoditas yang paling diperdagangkan ke dunia. Dimana selain dinikmati sebagai minuman, biji kopi juga digunakan untuk membuat cola, obat-obatan, campuran bahan makanan hingga kosmetik. Untuk memenuhi permintaan konsumen secara global, banyak negara penghasil kopi yang mensuport kebutuhan kopi secara mendunia.

Negara-Negara Penghasil Kopi Di Dunia

  1. Brazil

Brazil memang merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Dimana negara samba ini telah mendominasi pasar ekspor kopi sejak tahun 1830 hingga saat ini. Negara ini mampu menghasilkan 3.300.000 ton biji kopi. Sehingga tidak heran, jika Brazil mampu menguasai sekitar 33 % pasar kopi global. Disisi lain, negara Brazil juga merupakan pusat penjualan kopi didunia sebagai produsen kopi arabica. Hal tersebut dikarenakan 80% kopi dari Brazil merupakan jenis arabika. Sebagai negara produsen dan eksportir kopi terbesar didunia, penduduknya pun juga penggemar kopi terbesar didunia setelah Amerika. Perkebunan kopi yang luas sangat mudah di temukan di area pesisir tenggara dari Pernambuco di utara Parana di selatan.

  1. Vietnam

Negara yang berada di kawasan benua Asia ini merupakan negara penghasil kopi dunia. Hal tersebut berkaitan dengan jumlah produksinya mencapai 1.530.000 ton biji kopi. Dengan demikian, negara ini menguasai perdagangan kopi dunia dengan prosentase mencapai 16.8 %. Vietnam sebagai negara penghasil kopi memang belum selama Brazil. Namun kualitas kopinya sudah diakui dunia. Dimana awal mulanya kopi bisa sampai di vietnam karena peran serta bangsa Perancis. Masa kejayaan perkebunan kopi di Vietnam ini berlangsung mulai tahun tahun 1900-an. Dimana pertumbuhan produksi kopi tersebut semakin meningkat sebanyak 20 hingga 30 % per tahunnya. Jenis kopi yang diunggulkan di Vietnam adalah jenis robusta. Selain itu Vietnam juga merupakan produsen kopi jenis kopi arabika, kopi catimor dan juga Liberika.

  1. Kolombia

Negara yang memiliki luas wilayah mencapai 1.138.910 km2 juga sebagai salah satu produsen kopi yang cukup disegani. Bagaimana tidak dalam satu tahun, negara yang berada di kawasan Amerika Selatan ini mampu memproduksi kopi dengan total mencapai 840.000 ton dari perkebunan kopinya. Sehingga tidak heran jika perdagangan kopi didunia dikuasai negara ini dengan prosentase 9.2 %. Sejarah kopi di Kolombia berawal dari gerakan misionari negara Eropa sejak tahun 1970. Namun kejayaannya sebagai negara penghasil kopi dunia baru dikenal pada tahun 1835, setelah keberhasilannya dalam menghasilkan kopi tersebut, pemerintah Kolombia menetapkan kopi sebagai salah satu komoditas perkebunan yang penting di negara tersebut. Keunggulan kopi hasil penanaman diperkebunan Kolombia adalah citarasa biji kopinya yang berkualitas baik dan tingkat keasamannya yang rendah. Hal tersebut dikarenakan perkebunan kopi di Kolombia terletak di pegunungan Andes Utara, Cordileras yang memiliki suhu tropis.

  1. Indonesia

Negara yang berada di kawasan Asia tenggara ini memiliki juga merupakan salah satu negara penghasil kopi. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah produksi kopi setiap tahunnya mencapai 600.00 ton sehingga perdagangan kopi di dunia dikuasai oleh negara ini mencapai 6.6 %. Kedatangan kopi hingga dikembangkan menjadi perkebunan diberbagai wilayah Indonesia ini, diawali niatan negara Belanda yang juga ingin menjadi negara penghasil kopi pada tahun 1669. Sehingga tidak heran diberbagai daerah Indonesia mulai dari Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bali, Lombok, merupakan kawasan perkebunan kopi yang subur karena merupakan wilayah dengan tanah vulkanis. Jenis kopi yang ditanam di negara ini kebanyakan adalah jenis robusta yang mencapai 83 % dan sisanya 17 % jenis arabika. Namun selain itu banyak juga perkebunan kopi di Indonesia yang juga menanam kopi jenis Liberika dan excelsa.

  1. Ethiopia

Negara ini merupakan tempat ditemukan kopi untuk pertama kalinya tepatnya pada awal abad ke 9. Pada saat itu penggembala kambing mendapati hewan peliharaannya menjadi lebih bertenaga setelah memakan biji tanaman liar yang ternyata adalah tanaman kopi. Kemudian dari situlah, biji kopi tersebut diolah menjadi makanan dan minuman yang memiliki khasiat tertentu. Karena banyak disukai orang-orang dari berbagai kalangan. Dari negara ini lah, kopi mulai disebar luaskan dengan pembudidayaan dan perkebunan kopi oleh para pedagang bangsa Arab. Ethiopia juga juga menempati negara produsen kopi yang cukup besar di dunia. Jumlah produksi kopi per tahunnya mencapai 396.000 ton atau yang mana menguasai perdagangan kopi di dunia dengan prosentase 4.4 %.

  1. Honduras

Sebuah negara yang berada di Amerika Tengah ini memiliki luas wilayah negara mencapai 112.090 km persegi. Sebagai negara penghasil kopi dunia, negara ini menguasai perdagangan kopi dunia dengan prosentase 3.9 % dengan hasil produksi kopi per tahunnya mencapai angka 356.040 ton biji kopi. Awal mula perkebunan kopi di Honduras dimulai pada tahun 1804 yang ditanam di Kepualauan Karibia. Kopi yang ada di Honduras merupakan kopi yang didatangkan dari Pulau Martinuque atas peran serta negara perancis. Negara ini terbilang masih sulit menaikkan harga kopi, pasalnya kemampuan branding teknis produksi dan infrastrukturnya masih belum berkembang pesat.

  1. India

Negara penghasil kopi di wilayah Asia Selatan ini setiap tahunnya mampu menghasilkan biji kopi mencapai 319.980 ton. Dengan demikian, India juga mampu menguasai perdagangan kopi dunia dengan prosentase 3.5 %. Kopi masuk di negara india dibawa oleh peziarah yang pulang dari haji di Mekah dan Madinah. Selanjutnya tanaman kopi yang dibawanya mulai dibudidayakan di wilayah Chicmaglur yang berada di pegunungan Mysor. Tidak hanya itu bangsa Inggris yang dulunya menjajah India juga mulai membuka perkebunan kopi pada tahun 1940. Hingga saat ini perkebunan kopi banyak di temukan di Provinsi Karnataka, Kerala dan Tamilnadu yang kebanyakan menanam kopi jenis robusta. Selain itu juga terdapat varietas kopi lainnya yang diproduksi di negara ini yaitu Monsoon dan Malabar yang banyak di ekspor di negara-negara Eropa dan Rusia.

  1. Uganda

Uganda merupakan salah satu negara penghasil kopi di Afrika yang cukup menguasai perdagangan kopi di dunia. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil produksi tiap tahunnya bisa mencapai 228.000 ton biji kopi. dimana negara yang memiliki luas wilayah 241.038 km persegi tersebut menguasai perdagangan kopi dunia dengan prosentase 2.5 %. Uganda ternyata juga merupakan wilayah habitat asli tanaman kopi robusta. Sedangkan kedatangan jenis kopi lainnya di Uganda baru pada tahun 1990. Petani di negara ini masih terbilang belum maksimal dalam pengelolaan kopi, sehingga hasil panen dan kualitasnya pun belum maksimal.

  1. Peru

Salah satu negara produsen kopi di Amerika Selatan ini mampu menguasai perdagangan kopi dunia mencapai 2,5%, dengan produksi kopi per tahunnya mencapai 228.000 ton biji kopi.

  1. Guatemala

Negara yang terletak di Amerika Tengah ini juga sebagai negara penghasil kopi. dimana setiap tahunnya negara ini menyumbang perdagangan biji kopi dunia mencapai 210.000 ton biji kopi. Dengan kata lain, Guatemala juga menguasai perdagangan kopi dunia dengan prosentase 2.3%.

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *